4 Kebiasaan yang Bisa Bikin Nyeri Otot

Oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti pada 12 Okt 2017, 10:52 WIB
Awas, ternyata kebiasaan yang sering dilakukan sehari-hari bisa bikin Anda nyeri otot!
4 Kebiasaan yang Bisa Bikin Nyeri Otot

Klikdokter.com, Jakarta Banyak kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari merugikan kesehatan. Salah satu keluhan yang sering diakibatkan oleh kebiasaan ini adalah nyeri otot, terutama di punggung.

Berikut adalah kebiasaan sehari-hari, yang mencetuskan keluhan nyeri otot:

  1. Jarang olahraga

Menurut pakar, tidak berolahraga secara rutin dapat mengakibatkan otot yang kaku, dan postur tubuh yang buruk. Hal ini kerap berujung pada keluhan nyeri otot yang berkepanjangan.

Jika Anda ingin terhindar dari keluhan nyeri otot, lakukanlah olahraga pilates. Olahraga jenis ini bermanfaat mengurangi keluhan nyeri otot.

  1. Salah posisi saat mengangkat beban

Ini adalah kebiasaan buruk yang sering kali dilakukan tanpa sadar oleh banyak orang. Saat mengangkat beban, terutama beban yang berat, hindari membungkukkan tubuh dan mengangkat dengan mengandalkan sendi pinggul atau tulang punggung.

Sebaliknya, berjongkoklah dan dekatkan beban ke arah tubuh, lalu gunakan kekuatan otot kaki untuk mengangkat beban bersama tubuh Anda. Jaga punggung tetap lurus dan hindari memutar tubuh saat mengangkat beban

  1. Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas memang sedikit melenceng dari konteks kebiasaan. Namun perlu diperhatikan bahwa kondisi ini disebabkan oleh kebiasaan makan yang buruk.

Saat Anda memiliki berat badan berlebih, maka titik pusat gravitasi di tubuh akan tergeser ke depan. Dengan ini, otot-otot terutama otot punggung akan memiliki tekanan ekstra, dimana ini meningkatkan risiko Anda terkena nyeri otot.

  1. Kurang kalsium dan vitamin D

Kalsium dan vitamin D penting untuk pertumbuhan tulang yang kuat. Ini berarti Anda juga turut mencegah kejadian nyeri otot.

Jika asupan kalsium dan vitamin D tidak cukup didapatkan dari pola makan harian, Anda dapat mengonsumsi suplemen.

Mengubah kebiasaan memang bukan perkara mudah. Tapi dengan niat, usaha  dan komitmen yang kuat, Anda tentu dapat melakukannya. Ingatlah bahwa segala perubahan baik yang dilakukan akan mencegah diri Anda dari nyeri otot atau penyakit berbahaya lainnya.

(NB/ RH)