Kanker Payudara, Haruskah Dioperasi?

Oleh dr. Ellen Theodora pada 25 Okt 2017, 16:28 WIB
Kanker payudara tidak hanya menyerang wanita, namun juga pria. Apakah penanganannya hanya dengan operasi?
Kanker Payudara, Haruskah Dioperasi?

Klikdokter.com, Jakarta Selain kanker serviks, saat ini kanker payudara juga menjadi momok bagi banyak wanita. Berbagai metode pengobatan untuk menyembuhkannyapun kian marak diperbincangkan.

Saat ini, operasi merupakan salah satu metode penanganan yang paling sering dipilih bagi penderita kanker payudara. Tujuannya adalah untuk membuang sebanyak mungkin kanker yang tumbuh dalam diri pasien.

Berdasarkan kondisi pasien, operasi ini biasanya dilakukan untuk berbagai alasan, seperti:

  • Membuang sebanyak mungkin sel kanker yang ada,bahkan bila perlu membuang payudara itu sendiri
  • Mencari tahu apakah sel kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening lainnya dan untuk mengetahui apakah sel ini ganas atau tidak
  • Membentuk kembali bentuk payudara setelah payudara di buang
  • Mengurangi keluhan pada kanker tingkat lanjut

Terdapat dua tipe operasi untuk terapi kanker payudara:

  • Breast-conservingsurgery

Hanya membuang sebagian payudara, yakni kelenjar getah bening di sekitar bagian yang terkena sel kanker.Tujuannya untuk membuang kanker dan bagian sekitar yang sudah terinfeksi.

Besarnya bagian yang dibuang akan bergantungpada ukuran dan lokasi tumor tersebut. Namun, biasanya setelah tindakanbreast-conservingsurgery dilakukan, masih dibutuhkan terapi radiasi.

  • Mastectomy

Tindakan ini dilakukan untuk membuang payudara secara keseluruhan termasuk jaringan sekitar. Tidak jarang, beberapa penderita memilih untuk membuang kedua payudaranya guna menghindari penyebaran lebih lanjut.

Terapi ini memiliki keuntungan lebih bagi mereka yang memiliki payudara kecil dengan area kanker yang luas. Karena terkadang terdapat lebih dari satu area kanker pada payudara dan penderitanya tidak dapat menerima terapi radiasi.

Bagaimanapun juga untuk menentukan terapi yang tepat,Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Di samping itu, kemoterapi, terapi hormon dan terapi target juga mungkin masih dibutuhkan guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Apapunmetode penanganan pilihan Anda,sebaiknya tetap libatkan keluarga dan orang terdekat.Dukungan dari mereka dapat membantu menguatkan Anda selama proses penyembuhan dari kanker payudara. Salam sehat!

[NP/ RH]