Gejala Kanker yang Tidak Boleh Diabaikan Wanita

Oleh Kartika Tarigan pada 04 Nov 2017, 10:14 WIB
Para wanita, waspadalah terhadap beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh Anda. Bisa jadi itu adalah salah satu tanda penyakit kanker.
Gejala Kanker yang Tidak Boleh Diabaikan Wanita

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah Anda menemukan perubahan pada tubuh yang terkesan mendadak dan seharusnya tidak perlu terjadi? Jangan disepelekan, khususnya bagi para wanita. Bisa jadi perubahan tersebut adalah pertanda adanya masalah kesehatan, termasuk kanker. Bagaimana cara mengenalinya?

Menurut seorang ahli dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, Robyn Andersen, PhD, kuncinya adalah Anda harus mengetahui dengan pasti kondisi tubuh. Sehingga Anda dapat dengan mudah mengetahui jika terjadi satu perubahan.

Beberapa gejala perubahan di bawah ini sebaiknya tidak diabaikan oleh wanita. Apa saja perubahan tersebut?

1. Perubahan pada payudara

Meski tidak semua perubahan, termasuk tumbuhnya benjolan di payudara merupakan gejala kanker, tetapi Anda sebaiknya tidak mengabaikan bagian tubuh yang satu ini.

Apalagi jika perubahan yang terjadi terlihat dengan jelas seperti perubahan kulit payudara, puting terlihat aneh, hingga benjolan merah dan terasa sakit di seputar payudara.

Payudara termasuk dalam bagian tubuh yang paling sensitif bagi wanita. Segeralah lakukan pemeriksaan jika Anda menemukan keanehan tersebut.

2. Perdarahan

Wanita secara normal mengalami perdarahan selama masa haid. Tak ada yang aneh dengan itu. Namun, Anda harus berhati-hati jika perdarahan terus terjadi bahkan di luar jadwal haid Anda.

Mengutip WebMD, seorang ahli onkologi dari NYU Langone Medical Center, Marleen Meyers, MD, cobalah beri waktu untuk melihat perdarahan yang terjadi. Jika dalam satu sampai dua minggu tak juga berhenti, jangan lagi menunda untuk melakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Perdarahan yang terjadi terus-menerus bisa menjadi tanda dari kanker payudara, ovarium, dan beberapa kanker lainnya.

3. Perubahan kulit

Perubahan bisa saja terjadi dengan kekencangan kulit, perubahan warna, dan munculnya tahi lalat. Meski tak semua tahi lalat adalah tanda kanker, tetapi Anda harus waspada jika pertumbuhannya di luar batas.

4. Penurunan berat badan

Penurunan berat badan yang terjadi, bahkan tanpa Anda inginkan, mungkin gejala lain dari kanker. Apalagi jika jumlah berat badan yang turun tidak wajar.

“Penurunan berat badan bisa terjadi karena kelenjar tiroid Anda terlalu aktif, dan itu adalah gejala dari kanker pankreas,” kata Meyers.

5. Perubahan di mulut

Sesekali, perhatikanlah keadaan bagian mulut Anda, untuk mengetahui apakah mengalami perubahan. Perubahan mungkin terjadi pada warna lidah yang menjadi lebih kuning, abu-abu, putih, bahkan merah menyala.

Hal serupa juga terjadi pada bagian bibir Anda. Jika perubahan tersebut terjadi, waspadalah dengan perkembangan kanker mulut dan kanker lidah.

6. Demam

Peningkatan suhu tubuh alias demam yang tak kunjung berhenti bisa jadi tanda kanker darah atau leukemia. Jika Anda mengalami hal tersebut, yang diikuti dengan gejala khas leukemia lainnya, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter.

Agar tak menyesal, lakukanlah pemeriksaan tubuh secara rutin. Deteksi kanker sejak dini dapat memperbesar peluang untuk sembuh. Wanita juga bisa mengetahui perubahan di payudara dengan metode SADARI.  

[RS/ RVS]