Benarkah Telan Biji Buah Sebabkan Usus Buntu?

Oleh dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid pada 13 Nov 2017, 18:03 WIB
Menelan biji buah dipercaya dapat menyebabkan usus buntu. Benarkah demikian?
Benarkah Telan Biji Buah Sebabkan Usus Buntu?

Klikdokter.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan buah anggur, jeruk, dan semangka? Rasanya yang segar dan manis membuat buah-buahan ini sangat disukai oleh siapa saja. Namun, orang tua kerap berpesan, agar ketika makan buah, jangan sampai menelan biji buah tersebut, lantaran dapat menyebabkan usus buntu.

Selain itu, tak hanya di Indonesia, masyarakat di Eropa dan Amerika Serikat juga mempercayainya. Benarkah menelan biji dari buah anggur, jeruk dan semangka dapat menyebabkan usus buntu?

Proses pencernaan makanan

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui dahulu bagaimana tubuh mencerna makanan. Setelah makanan masuk ke dalam mulut dan ditelan, makanan tersebut akan masuk ke dalam kerongkongan, lambung, kemudian masuk ke usus halus dan usus besar.

Sisa makanan yang tak dapat dicerna dan diserap akan dikeluarkan dalam bentuk feses. Proses pencernaan ini berlaku untuk makanan apapun, termasuk bila menelan biji buah. Bila biji buah dapat dicerna lambung dan usus, kandungan vitamin dan serat di dalamnya akan diserap usus. Namun bila biji buah tidak dapat dicerna, maka biji tersebut akan dikeluarkan bersama feses.

Sementara itu, usus buntu (apendiks) merupakan salah satu bagian tubuh yang dimiliki oleh semua orang. Bentuknya berupa saluran kecil di usus yang tak memiliki fungsi, dan tak menjadi bagian dari saluran pencernaan makanan.

Hingga kini radang usus buntu (apendisitis) belum diketahui penyebab pastinya. Karena penyebab radang usus buntu belum diketahui, maka tidak ada hal yang dapat dilakukan untuk mencegahnya.

Karena itu, tak sengaja menelan biji buah tak akan sama sekali menyebabkan usus buntu. Biji buah yang tertelan dalam jumlah sedikit umumnya dapat dicerna oleh lambung dan dikeluarkan bersama feses.

[DA/ RVS]