Camilan Sehat yang Aman untuk Penderita Diabetes

Oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong pada 08 Des 2017, 17:06 WIB
Siapa bilang penderita diabetes tidak boleh makan camilan? Boleh kok. Ini pilihannya.
Camilan Sehat yang Aman untuk Penderita Diabetes

Klikdokter.com, Jakarta Diabetes merupakan penyakit metabolik, yang menyebabkan kadar gula darah cenderung tinggi. Kondisi ini menuntut penderitanya untuk tidak sembarangan dalam memilih makanan.

Meski begitu, bukan berarti penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi camilan sama sekali. Mereka tetap boleh mengonsumsinya, asalkan memilih jenis camilan yang tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

Berikut beberapa contoh camilan sehat, yang aman dikonsumsi penderita diabetes:

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat baik bagi penderita diabetes. American Diabetes Association (ADA) bahkan memasukkan kacang-kacangan ke dalam daftar superfood  untuk penderita diabetes.

Kacang-kacangan mengandung serat dan mineral yang tinggi. Kandungan protein dalam kacang-kacangan pun tak kalah dengan daging.

Beberapa pilihan kacang yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes adalah kacang merah yang dipanggang, kacang tanah, atau kacang almond.

  1. Buah-buahan segar

Buah-buahan segar mengandung serat, mineral, dan vitamin yang baik bagi penderita diabetes.

Camilan sehat yang satu ini dapat dikonsumsi secara langsung, dipotong kecil-kecil, diolah menjadi jus atau smoothie dengan tambahan susu rendah lemak tanpa gula tambahan sama sekali.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kubis, dan kol sangat baik sebagai sumber serat yang rendah kalori namun tetap memberikan energi. Anda dapat mengonsumsinya setelah ditumis menggunakan minyak zaitun atau dengan memanggang lembaran sayuran hijau sehingga menjadi keripik sayur yang enak dan sehat.

  1. Biskuit

Penderita diabetes tetap dapat mengonsumsi biskuit sebagai camilan, asalkan memerhatikan kandungan gula dan garam (sodium) di dalamnya. Pilihlah biskuit dengan kandungan garam 120 mg dan gula 15–20 gram.

  1. Yogurt rendah lemak

Yogurt rendah lemak merupakan sumber kalsium dan protein yang baik bagi tubuh. Asupan yang satu ini bisa dijadikan sebagai camilan untuk menunda lapar, sekaligus menambah energi.

Meski aman, penderita diabetes harus tetap memerhatikan jumlah camilan yang dikonsumsi, agar tidak berlebihan. Selama dikonsumsi dalam jumlah dan takaran yang tepat, penderita diabetes tetap dapat menikmati camilan sehat dan enak, tanpa khawatir gula darah akan meningkat.

(NB/ RH)