Minyak Zaitun untuk Cegah Diabetes, Efektifkah?

Oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong pada 08 Des 2017, 17:17 WIB
Minyak zaitun diklaim punya banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk penderita diabetes. Bagaimana fakta sesunngguhnya?
Minyak Zaitun untuk Cegah Diabetes, Efektifkah?

Klikdokter.com, Jakarta Diabetes atau kencing manis menjadi salah satu penyakit yang semakin ditakuti. Hal ini disebabkan karena komplikasinya bisa menyerang seluruh bagian tubuh, termasuk mata, saraf, dan ginjal.

Berita baiknya, penyakit diabetes bisa dicegah. Salah satu yang dipercaya dapat menurunkan risiko, sekaligus menyembuhkan penyakit tersebut adalah minyak zaitun. Pertanyaannya, benarkah anggapan ini?

Sejarah Minyak Zaitun

Minyak zaitun mulai dikenal dan banyak ditambahkan dalam makanan dalam diet mediterania. Ini adalah pola makan masyarakat di sekitar laut Mediterania, yang sering menggunakan minyak zaitun sebagai tambahan dalam makanan.

Mereka yang melakukan diet mediterania diketahui lebih jarang mengalami penyakit jantung dan diabetes. Hal ini diduga karena sumber lemak yang mereka konsumsi adalah minyak zaitun.

Manfaat Minyak Zaitun

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk melihat manfaat minyak zaitun dalam mencegah berbagai penyakit. Penelitian yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa mereka yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko lebih kecil untuk mengalami penyakit jantung dan diabetes dibanding mereka yang mengonsumsi mentega atau mayones.

Tak hanya itu, bagi penderita diabetes, konsumsi minyak zaitun pun mendatangkan manfaat tersendiri. Minyak ini diketahui dapat mengurangi kadar gula darah puasa dan HbA1C pada penderita diabetes.

Masih Belum Pasti

Memang, masih diperlukan banyak data dan penelitian untuk benar-benar membuktikan manfaat minyak zaitun dalam mencegah diabetes. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Anda ingin memadukan minyak zaitun dengan pola makan bergizi seimbang.

Satu yang perlu Anda ingat, minyak zaitun hanya berperan sebagai pelengkap. Bukan asupan utama, yang dapat menggantikan fungsi pola hidup sehat dan makanan bergizi seimbang, serta obat-obatan diabetes yang diberikan oleh dokter.

Di samping itu, Anda juga tidak boleh mengonsumsi minyak zaitun secara berlebihan. Karena, bukannya mencegah diabetes, hal itu justru dapat memicu kondisi yang lebih berbahaya lagi.

(NB/ RH)