Mengenali Tanda Diabetes dari Mulut

Oleh dr. Theresia Rina Yunita pada 15 Des 2017, 09:18 WIB
Menurut penelitian, masalah tertentu pada mulut merupakan komplikasi sekaligus tanda diabetes melitus muncul.
Mengenali Tanda Diabetes dari Mulut (Jaromir Chalabala/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Diabetes atau diabetes melitus merupakan kondisi dimana kadar gula darah melebihi batas normal. Tingginya kadar gula darah dapat memengaruhi buruknya proses penyembuhan luka, masalah jantung hingga pembuluh darah. Tanda diabetes juga dapat Anda lihat dari kondisi mulut.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa masalah kesehatan mulut dapat menjadi pertanda penyakit diabetes. Berikut ini beberapa tanda diabetes dari mulut yang perlu Anda waspadai :

  • Mulut kering

Mulut kering pada penderita diabetes mungkin merupakan efek samping dari obat diabetes yang dikonsumsi. Sedikitnya air liur akan menjadi media bakteri untuk berkembang biak di dalam mulut.

Tidak hanya gigi berlubang, masalah gusi dan infeksi pada kelenjar air liur serta bau mulut juga kerap kali menjadi masalah pada mulut kering.

  • Gigi berlubang, infeksi gusi dan kelenjar air liur

Gula darah yang tidak terkontrol atau tinggi akan berdampak pada air liur di dalam mulut.

Air liur yang ikut mengandung gula ini akan menjadi tempat berkembang biak yang amat disukai oleh bakteri jahat. Alhasil infeksi pada gigi, gusi dan kelenjar air liur pun sulit dhindari.

  • Infeksi Jamur pada mulut

Penderita diabetes rentan terhadap infeksi jamur, khususnya candida yang ditandai dengan adanya  plak putih pada mulut.

Penyembuhannya juga sangat bergantung pada kontrol gula darah. Meski jamur telah diobati dengan obat jamur, jika gula darah tidak terkontrol maka infeksi ini akan sulit disembuhkan.

  • Penyembuhan luka yang buruk

Proses penyembuhan luka di sekitar mulut pada penderita diabetes memang lebih sulit.

Kondisi ini menjadi perhatian pada dokter gigi yang akan melakukan operasi gigi dan mulut pada pasien dengan diabetes, terutama mereka yang kadar gulanya tinggi.

Untuk itu, jika mengalami berbagai masalah pada mulut, jangan ragu untuk segera berobat ke dokter gigi. Karena bisa jadi masalah mulut yang Anda alami adalah tanda diabetes.

[NP/ RVS]