Mana Lebih Baik untuk Kesehatan, Minyak Kelapa atau Minyak Zaitun

Oleh dr. Rio Aditya pada 20 Des 2017, 01:09 WIB
Minyak zaitun terkenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Lalu bagaimana dengan minyak kelapa?
Mana Lebih Baik untuk Kesehatan, Minyak Kelapa atau Minyak Zaitun (Africa Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Selama ini lebih banyak diberitakan mengenai khasiat dari minyak zaitun atau olive oil bagi kesehatan. Minyak jenis ini memiliki kadar lemak baik yang tinggi, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah. Namun, ada baiknya Anda juga mengenal minyak kelapa yang tak kalah hebat manfaatnya.

Terdapat dua jenis minyak kelapa, yaitu minyak kelapa virgin yang biasa disebut VCO (Virgin Coconut Oil) dan minyak kelapa olahan. Minyak kelapa virgin ini diambil dari santan melalui proses yang disebut wet extraction.

Sedangkan minyak kelapa olahan diekstrak dari daging kelapa yang dikeringkan dan membutuhkan proses pemurnian yang panjang, hingga akhirnya jadilah minyak kelapa yang biasa Anda gunakan untuk memasak. Sayangnya, karena melalui proses yang panjang, kandungan yang baik seperti antioksidan dan fenol dapat hilang.

Selain juga mengandung lemak baik, minyak kelapa VCO memiliki khasiat yang lebih banyak dibandingkan dengan minyak kelapa olahan. Kandungan antioksidan dan polifenol yang lebih tinggi dibanding jenis minyak lainnya berperan dalam melawan radikal bebas dan mencegah terbentuknya plak di pembuluh darah.

Peran kedua kandungan tersebut dalam minyak kelapa dapat membantu Anda terindar dari sumbatan di pembuluh darah. Gangguan kesehatan ini jika dibiarkan akan berujung pada penyakit tekanan darah tinggi dan sakit jantung.

Lalu, manakah yang sebaiknya Anda pilih, minyak kelapa atau minyak zaitun? Beberapa hasil studi menunjukkan bahwa minyak zaitun memiliki kandungan lemak baik yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan minyak kelapa.

Sebagai perbandingan, minyak zaitun memiliki kandungan lemak baik 10 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan minyak kelapa. Selain itu, minyak zaitun memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih sedikit dibandingkan dengan minyak kelapa.

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa lemak jenuh merupakan lemak jahat dan dapat berbahaya bagi kesehatan jantung. Dengan kata lain, minyak zaitun ternyata lebih aman dikonsumsi untuk sehari-hari dibandingkan dengan minyak kelapa.

Meskipun secara ilmiah minyak zaitun memiliki khasiat yang lebih baik jika dibandingkan dengan minyak kelapa, bukan berarti minyak kelapa buruk bagi kesehatan. Hanya saja, jika dibandingkan dengan minyak kelapa, minyak zaitun memberikan khasiat bagi kesehatan yang lebih besar.

[NP]