Penyebab Berat Badan Tetap Naik meski Jadi Vegetarian

Oleh Gerardus Septian Kalis pada 20 Des 2017, 01:16 WIB
Sudah menjalani pola diet vegetarian, tetapi berat badan justru naik? Mungkin ini sebabnya.
Penyebab Berat Badan Tetap Naik meski Jadi Vegetarian (Ljupco Smokovski/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Pola diet vegetarian kerap dipilih seseorang lantaran efektif menurunkan berat badan. Tapi ternyata, tidak sedikit yang justru mengalami hal sebaliknya. Ya, peningkatan berat badan meski sudah menjalani pola diet vegetarian.

Apa yang Salah?

Seperti dikutip dari livestrong.com, berikut adalah beberapa alasan mengapa berat Anda tetap naik meski sudah menjalankan pola diet vegetarian:

  • Tidak menyertakan protein ke dalam makanan

Tidak mengonsumsi makanan yang mengandung protein membuat Anda lebih mudah lapar. Ini karena protein merupakan zat gizi yang lambat dicerna, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama.

  • Terlalu banyak konsumsi karbohidrat olahan

Pasta, kentang dan biji-bijian dapat dengan cepat menambah jumlah kalori di tubuh Anda. Jenis asupan ini lebih cepat dicerna daripada protein, sehingga membuat Anda lekas merasa lapar.

  • Menganggap makanan bebas daging itu sehat

Banyak vegetarian baru yang tidak yakin dengan makanan yang dikonsumsi. Mereka menganggap hanya bisa hidup dengan kentang, biskuit, permen dan soda. Padahal, beberapa makanan tersebut memberikan kalori ekstra, dan dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

  • Makanan tinggi kalori

Satu cangkir kacang mengandung 1.000 kalori, dimana hal ini hampir menghabiskan jatah kalori harian Anda. Mengontrol porsi adalah kunci ketika Anda harus menikmati makanan sehat berkalori.

Hal itulah yang akan membantu Anda menghindari dari peningkatan berat badan. Biasakan untuk menggunakan ukuran porsi yang normal, agar konsumsi kalori tidak berlebihan.

  • Memesan hidangan vegetarian di restoran

Makanan vegetarian yang beredar di pasaran banyak mengandung kalori berlebih. Itu karena makanan tersebut biasanya dikemas dengan banyak keju, minyak, atau kacang-kacangan yang mengandung kalori dua kali lipat dibanding unggas. Oleh karena itu, perhatikan ukuran porsi Anda, dan mintalah semua bahan makanan untuk dikukus.

Itulah beberapa alasan mengapa diet vegetarian justru menyebabkan peningkatan berat badan. Jika masih belum yakin dengan gaya hidup ini, lebih baik Anda pelajari lebih dalam sebelum melakukannya.

[NB/ RVS]