Hati-hati, Duduk Terlalu Lama Bikin Berat Badan Naik

Oleh Gerardus Septian Kalis pada 26 Des 2017, 10:24 WIB
Jenis pekerjaan tertentu yang mengharuskan duduk terlalu lama ternyata memicu kenaikan berat badan. Ini penjelasannya. g
Hati-hati, Duduk Terlalu Lama Bikin Berat Badan Naik (Africa Studio/shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tidak hanya kebiasaan makan atau minum yang dapat memengaruhi berat badan seseorang, akan tetapi duduk terlalu lama juga bisa memicu kenaikan berat badan Anda. Hal ini diungkapkan oleh sebuah studi yang dilakukan oleh CV-Library.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa sepertiga pekerja di Inggris mengaku pekerjaan yang mereka lakukan telah menyebabkan berat badannya bertambah. Sebanyak 1.200 pekerja mengakui bahwa pekerjaan mereka menyebabkan bertambahnya berat badan, 75 persen nya mengaku kondisi itu juga membuat mereka tidak bahagia.

Lee Biggins, pendiri dan managing director CV-Library menegaskan, ketidakbahagiaan itu disebabkan karena sulitnya menyeimbangkan gaya hidup sehat dengan tuntutan karir. “Gaya hidup sehat terkadang terasa seperti sebuah pekerjaan, jadi tidak mengherankan jika hal ini juga berdampak pada kebiasaan makan dan olahraga pada banyak pekerja,” katanya.

Selain itu, data penelitian mengungkapkan, bahwa 50,1 % kenaikan berat badan disebabkan oleh duduk sepanjang hari di tempat kerja. Kenaikan bisa bertambah parah apabila beberapa timbul kebiasaan seperti ngemil  saat kerja, makan lebih banyak saat stres dan kurangnya waktu untuk berolahraga.

“Peningkatan berat badan di tempat kerja bisa terjadi, terutama jika Anda duduk terlalu lama dan tak mengusahakan diri untuk pergi ke tempat gym atau berolahraga setelah bekerja,” katanya.

Biggins menyarankan agar para pengusaha dapat meyakinkan karyawannya untuk memasukan gaya hidup sehat ke dalam rutinitas sehari-hari. Bersepeda adalah salah satu cara baik untuk membuat karyawan berolahraga di tengah rutinitas pekerjaannya.

“Apa lagi, (jika perusahaan) memberikan tunjangan untuk camilan sehat atau diskon pusat kebugaran, ini adalah cara positif untuk mendorong karyawan menjaga kesehatannya,” tutur Biggins

Agar berat badan ideal Anda tetap terjaga, usahakan untuk terus menetapkan prinsip dan tujuan jangka panjang untuk menerapkan gaya hidup sehat. Jadi meski pekerjaan menuntut Anda duduk terlalu lama, kemungkinan kenaikan berat badan akan kecil. Sebab Anda pun akan ikut termotivasi untuk tetap menjaga berat badan tetap ideal. Yuk, jalankan gaya hidup sehat!

[NP/ RVS]