Kiat agar Insulin Tidak Rusak Saat Bepergian

Oleh dr. Reza Fahlevi pada 03 Jan 2018, 11:58 WIB
Agar kualitas insulin tetap terjaga, ikuti panduan penyimpanannya berikut ini.
Kiat agar Insulin Tidak Rusak Saat Bepergian (Davizro Photography/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bagi penderita diabetes yang mendapatkan terapi insulin, insulin harus dibawa kemanapun, termasuk saat bepergian. Hal ini dikarenakan penyuntikan insulin wajib dilakukan sesuai jadwal untuk mencegah pelonjakan gula darah. Lalu, bagaimana caranya agar kualitas insulin tetap terjaga saat bepergian?

  1. Hindari insulin dari paparan sinar matahari langsung

Insulin merupakan suatu jenis protein yang terbentuk dari 51 asam amino yang terikat satu sama lain, tersusun teratur sesuai urutannya, dan memiliki struktur tiga dimensi tertentu. Oleh karena itu, insulin harus dijaga agar tidak rusak.

Salah satunya adalah dengan menghindari insulin dari paparan sinar matahari langsung. Simpanlah insulin dalam tas atau tempat lain yang terlindung dari sinar matahari agar kualitas insulin tetap baik.

  1. Jauhkan insulin dari sumber panas

Panas dapat merusak struktur dan ikatan antara asam amino penyusun insulin. Itu sebabnya insulin harus terhindar dari sumber panas, seperti mesin kendaraan, radiator, perapian, dan alat-alat elektronik yang dapat menghasilkan panas. Akan lebih baik jika Anda membawa insulin dalam wadah yang dingin sehingga insulin lebih tahan lama.

  1. Cegah insulin membeku

Walaupun insulin sebaiknya disimpan dalam tempat dingin, jangan sampai insulin membeku atau menaruhnya di dalam freezer. Pastikan untuk selalu membawa insulin di dekat Anda. Misalnya, saat melakukan perjalanan dengan pesawat, taruh insulin di dalam tas dan bawalah bersama Anda. Saat tiba di tempat tujuan, hindari menyimpannya di dalam freezer. Jika insulin telanjur membeku, jangan digunakan bahkan setelah dicairkan.

Insulin yang sudah dibuka akan bertahan kurang lebih 1,5 bulan. Untuk itu, Anda perlu mencatat tanggal saat Anda pertama membuka insulin tersebut. Perhatikan pula tanggal kedaluwarsanya sebelum menyuntikkan insulin.

Selanjutnya, karena insulin lebih rentan rusak selama perjalanan, pastikan tidak ada kristal dan gumpalan dalam insulin sebelum Anda menyuntiknya. Jika ada kristal atau gumpalan atau perubahan warna insulin, jangan gunakan lagi karena itu bisa jadi merupakan tanda kerusakan.  

[RS/ RVS]