5 Makanan yang Bikin Otak Lebih Tajam

Oleh Gerardus Septian Kalis pada 03 Jan 2018, 22:49 WIB
Ingin tingkatkan fungsi otak Anda? Konsumsilah makanan ini!
5 Makanan yang Bikin Otak Lebih Tajam (Bitt24/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Menjaga kondisi otak tetap optimal adalah salah satu cara untuk mempertahankan kesehatan. Namun, akibat gaya hidup seseorang yang tidak teratur, kinerja sel-sel otak dapat menurun perlahan.

Untuk mencegah hal tersebut, selain dengan olahraga rutin, mengatur pola makan juga sangat penting. Dalam hal ini, memilih makanan sehat untuk dikonsumsi secara teratur.

Seperti dikutip dari situs health.com, berikut ini adalah makanan yang dapat membantu untuk menunjang kesehatan otak:

  • Sayur dan buah

Sayur dan buah-buahan mengandung antioksidan yang mampu melindungi lapisan sel otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Molekul berbahaya ini bisa menyebabkan peradangan dan terganggunya pola makan.

Selain itu, sayuran hijau mengandung folat yang menghasilkan neurotransmiter, pembawa pesan kimiawi di otak yang penting untuk berpikir dan mengendalikan mood.

  • Omega-3

Asam lemak omega-3 sangat baik untuk menjaga kesehatan otak. Membran otak menggunakan lemak ini untuk memperbaiki struktur sel dan sinyal otak, yang pada akhirnya akan meningkatkan fungsi kognitif.

Menurut penelitian, mengonsumsi salmon, sarden, dan tenggiri seminggu sekali dapat memperlambat penurunan kognitif dan mengurangi risiko Alzheimer. Anda juga bisa mendapatkan omega-3 dari kenari, biji chia, dan biji rami.

  • Cokelat

Kakao mengandung flavonol, senyawa yang berperan sebagai antioksidan dan membantu menjaga sel induk otak. Dari sel induk inilah otak akan menghasilkan sel-sel yang baru.

Tak hanya itu, flavonol telah terbukti mendukung kerja hippocampus, bagian otak yang terlibat dalam memori dan suasana hati.

  • Biji-bijian

“Bahan bakar” yang disukai otak adalah glukosa. Tanpa glukosa yang cukup Anda akan kesulitan untuk konsentrasi. Glukosa dapat dengan mudah didapatkan dari karbohidrat. Untuk menghindari makanan yang mengandung karbohidrat olahan, Anda dapat mengonsumsi biji-bijian karena mengandung serat dan membantu menjaga kadar gula darah tetap normal.

  • Kafein

Kandungan kafein pada kopi dan teh dapat melindungi Anda dari menurunnya fungsi kognitif. Menurut ahli, asupan 500 miligram kafein setiap hari (setara dengan lima cangkir kopi) dapat membantu mengatasi masalah memori.

Meski demikian, jika Anda mengonsumsi kafein yang terlalu tinggi, hal ini dapat mengganggu sistem saraf dan menyebabkan berbagai gangguan. Mulai dari sakit kepala, mual, muntah, hingga gangguan berat seperti kejang dan gangguan irama jantung.

Itulah beberapa makanan yang dapat meningkatkan ketajaman otak Anda. Pastikan Anda tidak lupa mengonsumsi beberapa makanan yang sudah dijelaskan tersebut.

Selain dengan makanan sehat, Anda juga dapat mengasah otak lebih tajam dengan beragam aktivitas. Seperti membaca, belajar bahasa atau musik, berolahraga, dan main teka-teki silang. Intinya, tetaplah aktif secara fisik maupun mental.

[RS/ RVS]