Kiat Tetap Sehat Saat Usia Bertambah Tua

Oleh Gerardus Septian Kalis pada 04 Jan 2018, 17:07 WIB
Anda perlu melakukan beberapa kebiasaan ini, agar tetap sehat di usia tua.
Kiat Tetap Sehat Saat Usia Bertambah Tua

Klikdokter.com, Jakarta Fungsi organ tubuh semakin menurun saat usia semakin tua. Pada akhirnya, hal ini dapat menimbulkan sejumlah penyakit. Memang, beberapa penyakit dapat terjadi akibat faktor genetik. Akan tetapi, gaya hidup sehat juga bisa memengaruhi kualitas hidup Anda.

Karena itu, Anda perlu senantiasa menjaga kesehatan, agar terhindar dari penyakit di usia senja. Selain berusaha menerapkan pola makan sehat, Anda juga perlu mengendalikan gaya hidup.

 “Beberapa orang dapat memiliki riwayat penyakit jantung dari keluarga, tapi sebenarnya ini adalah riwayat merokok, makan berlebih, dan gaya hidup yang tidak aktif. Jika menerapkan gaya hidup itu, maka Anda akan mengalami masalah yang sama seperti yang dilakukan orangtua Anda,” kata James Pacala, MD, Head of the Department of Family Medicine and Community Health di University of Minnesota, Amerika Serikat.

Untuk mengatasi hal ini, Pacala berpendapat bahwa latihan aerobik dan diet seimbang dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan di usia tua. Maksud dari diet seimbang yaitu konsumsi makanan rendah lemak, serta tinggi buah dan sayuran. Pacala juga menyarankan untuk melakukan tes pemeriksaan kanker, jantung, dan osteoporosis secara berkala.

Selain itu, membaca koran sambil mengonsumsi oatmeal adalah aktivitas pagi yang dapat melindungi tubuh dari alzheimer dan demensia. Mengapa oatmeal? Sebab, asupan sehat ini dapat mencegah timbulnya penyakit jantung.

Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, Anda juga perlu mengatur porsi makan dan waktu olahraga. Seperti yang sudah diketahui, makan secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas dan diabetes. Anda lebih baik memperbanyak jalan kaki guna menjaga kekuatan tulang di usia senja.

Manusia tidak dapat menghindari proses penuaan. Yang dapat dilakukan adalah memperlambat proses tersebut dan mencegah penyakit degeneratif yang sering dijumpai di usia tua. Jadi, tunggu apa lagi? Manfaatkan kesempatan di awal tahun ini dengan mulai menerapkan gaya hidup sehat.

[BA/ RVS]

Trieza MeliantiTrieza Melianti

Di tahun 2018 ini, sudah saatnya komunitas MicinHolic kayak kita-kita bangkit di dunia entertain Indonesia. Download aplikasi Kwai, jadi Kwaiers alias Kwai Lovers, bikin video lo yang paling hits. Abis itu pilihannya cuma 2, terkenal dan tajir atau tajir dan terkenal. #Ba