Ragam Tanda Awal Kehamilan yang Anda Harus Tahu

Oleh Birgitta Ajeng pada 05 Jan 2018, 11:00 WIB
Selain menstruasi yang datang terlambat, Anda perlu mencermati tanda awal kehamilan lainnya.
Ragam Tanda Awal Kehamilan yang Anda Harus Tahu (Chombosan/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Terlambat menstruasi memang merupakan tanda wanita sedang mengandung. Namun ini bukan satu-satunya gejala kehamilan. Pada awal masa kehamilan, hormon-hormon di dalam tubuh wanita berubah. Hal ini memicu banyak gejala.

Bila menstruasi datang terlambat dan belum sempat mengecek menggunakan test pack, Anda dapat melihat gejala lain dari kehamilan. Salah satunya yaitu payudara yang terasa nyeri dan membesar. Lantas, apa lagi gejala lain dari kehamilan?

Agar lebih cepat terdiagnosis, Anda dapat mengenali tanda-tanda umum kehamilan berikut ini:

  1. Sesak napas

Apakah Anda merasa sangat terengah-engah saat naik tangga? Jika ya, Anda mungkin sedang hamil. Janin yang sedang tumbuh membutuhkan oksigen. Hal ini yang membuat napas Anda sedikit pendek. Kondisi ini dapat berlanjut selama masa kehamilan, terutama saat janin tumbuh semakin besar dan mulai menekan paru-paru serta diafragma Anda.

  1. Payudara terasa nyeri

Perubahan ukuran dan bentuk payudara, serta warna puting merupakan tanda awal kehamilan. Anda mungkin merasakan nyeri pada payudara saat memakai bra pagi ini. Untuk membantu mengurangi ketidaknyamanan itu, kenakanlah bra dengan ukuran lebih besar. Hindari memakai bra berkawat, sebab dapat menekan payudara dan menyebabkan penyumbatan saluran susu.

  1. Kelelahan

Anda bahkan tidak berhasil selesai membaca satu halaman buku sebelum tertidur tadi malam. Jika tiba-tiba kelelahan, ini mungkin merupakan respons terhadap peningkatan hormon dalam tubuh Anda. Bagi banyak wanita hamil, kelelahan terus berlanjut sampai trimester pertama.

  1. Mual

Kebanyakan wanita hamil mulai merasakan mual saat memasuki usia kehamilan enam minggu. Namun beberapa wanita bisa mengalami morning sickness (yang dapat terjadi pada pagi, siang, dan malam hari). Kondisi ini kemungkinan besar akan mereda saat trimester kedua. Sementara itu, cobalah mengonsumsi makanan yang dapat meredakan mual, seperti biskuit atau jahe.

  1. Sering buang air kecil

Jika tidak bisa tidur sepanjang malam lantaran harus sering pergi ke toilet, itu mungkin pertanda kehamilan. Selama hamil, tubuh menghasilkan cairan ekstra yang membuat kandung kemih bekerja sampai “lembur”.

  1. Sakit kepala

Tanda-tanda awal kehamilan juga dapat berupa sakit kepala. Kondisi ini diakibatkan adanya perubahan hormon.

  1. Sakit punggung

Apakah punggung bagian bawah sedikit sakit? Sakit punggung yang muncul secara tiba-tiba merupakan tanda dari ligamen yang melonggar. Kondisi ini dapat berlanjut karena berat janin semakin bertambah dan postur tubuh yang berubah karena kehamilan dapat menggeser pusat gravitasi tubuh.

  1. Kram

Jika merasa kram, hal ini mungkin terjadi karena rahim sedang membentang untuk mempersiapkan tempat tinggal bagi janin.

  1. Konstipasi dan kembung

Peningkatan hormon progesteron selama hamil dapat memperlambat sistem pencernaan. Jika kondisi ini terjadi, Anda mungkin saja mengalami konstipasi dan kembung.

  1. Perubahan suasana hati (mood swings)

Anda tiba-tiba marah gara-gara pasangan meletakkan kaus kaki di tempat yang salah? Suasana hati yang naik turun secara drastis bak roller coaster dapat terjadi saat hamil, karena peningkatan hormon.

  1. Bercak darah dari vagina

Bercak darah yang muncul lebih ringan dari menstruasi dapat menjadi tanda awal kehamilan. Ini merupakan pendarahan implantasi yang terjadi saat sel telur yang dibuahi menempel pada dinding rahim. 

Bila mengalami sebagian besar tanda kehamilan di atas, Anda dapat segera memastikannya dengan menggunakan test pack atau ajak pasangan untuk langsung menemui dokter kandungan. Jika dinyatakan hamil, Anda perlu mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat demi mengoptimalkan tumbuh kembang janin.

[RVS]

Ni'matul MukaromahNi'matul Mukaromah

dok saya mau tanya, saya menikah tanggal 31.. dan saya berhubungan badan hampir setiap hari, setelah tanggal 4 saya berhenti berhubungan badan, biasanya saya haid tanggal 5.. tapi sekarang saya blm juga haid, dan beberapa hari terakhir, saya merasa kembung, mual, sering sendawa, dan pusing, apa itu gejala kehamilan dok, mohon info nya