6 Gejala Kanker yang Kerap Diabaikan Pria

Oleh Gerardus Septian Kalis pada 07 Jan 2018, 10:11 WIB
Pria berisiko tinggi terkena kanker. Namun, pria sering mengabaikan beberapa gejala kanker yang mungkin dialami.
6 Gejala Kanker yang Kerap Diabaikan Pria (Jirsak/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu cara terbaik untuk memerangi penyakit kanker yaitu dengan deteksi dini. Semakin cepat gejala kanker dikenali, semakin besar pula kemungkinan keberhasilan penanganan penyakit ini.

Hal ini perlu menjadi perhatian, terutama pria, karena sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pria berisiko tinggi terkena kanker.  Lagipula, mengenali tanda peringatan dari berbagai jenis kanker dapat dilakukan dengan cukup mudah.

Berikut ini beberapa tanda dan gejala dari kanker yang perlu dicermati pria:

  1. Masalah saat buang air kecil

Banyak pria memiliki beberapa masalah buang air kecil, saat mereka bertambah tua. Beberapa masalah tersebut yaitu sering buang air kecil di malam hari, aliran buang air kecil yang melemah, dan sensasi terbakar saat berkemih. Semua gejala ini bisa menandakan bahwa Anda terkena kanker prostat.

  1. Perubahan pada testikel

Saat menemukan benjolan atau perubahan pada testis, jangan pernah menunda untuk memeriksakannya. Tidak seperti kanker prostat yang tumbuh perlahan, kanker pada testikel dapat menjalar dengan cepat.

  1. Urine mengandung darah

Ini bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami kanker kandung kemih, ginjal, atau usus besar. Anda perlu segera menemui dokter, meski tidak memiliki gejala lain yang bukan kanker, seperti wasir atau infeksi saluran kemih.

  1. Perubahan warna kulit

Bila melihat perubahan warna dan bentuk pada kulit, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter. Bintik-bintik baru yang muncul atau terlihat berbeda dari yang warna kulit sebelumnya adalah tanda-tanda dari kanker kulit.

  1. Kesulitan menelan

Saat mengalami kesulitan menelan dalam jangka waktu lama disertai penurunan berat badan atau muntah, hal ini mungkin menandakan kanker tenggorokan. Untuk memastikannya, Anda perlu memeriksakan kondisi tenggorokan dan melakukan tes menggunakan sinar X barium. 

  1. Mulas

Anda tidak boleh menganggap remeh rasa mulas. Sebagian besar kasus mulas disebabkan oleh perubahan pola diet, kebiasaan minum, atau tingkat stres. Mulas yang tidak kunjung hilang bisa menjadi pertanda kanker perut atau tenggorokan.

Salah satu usaha untuk memerangi kanker yaitu dengan mengenali gejala kanker. Masalahnya, banyak gejala awal yang hampir sama dengan penyakit biasa. Sebelum terlambat, Anda sebagai pria perlu lebih jeli dapat melihat perubahan yang terjadi pada tubuh.

[BA/ RVS]