Atasan yang Buruk Picu Gangguan Kesehatan

Oleh dr. Ellen Theodora pada 07 Jan 2018, 10:18 WIB
Pekerjaan ternyata dapat memberikan dampak kurang baik pada kesehatan, terlebih pengaruh dari atasan yang buruk.
Atasan yang Buruk Picu Gangguan Kesehatan (Ra2studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang harus bekerja untuk dapat bertahan dalam menjalani hidup sehari-hari. Namun, ternyata pekerjaan juga memiliki dampak secara tidak langsung pada kesehatan Anda. Sebuah penelitian bahkan menyatakan bahwa keberadaan seorang atasan yang berkarakter buruk dapat mengganggu kesehatan mental.

Sebuah asosiasi psikologi di Amerika menyatakan bahwa sekitar 75% pekerja di Amerika mengalami stres dikarenakan pekerjaan dan beban tugas. Hal ini ternyata juga dipengaruhi oleh atasan yang kurang mendukung pekerjanya, sehingga menimbulkan suasana kerja yang kurang nyaman.

Jika hal ini terus berlanjut, maka keadaan tempat kerja Anda menjadi tidak sehat. Tak jarang, kondisi kantor yang tidak nyaman akibat atasan yang buruk menimbulkan kesehatan Anda terganggu juga.

Atasan yang baik dapat menuntun pekerjanya ke arah yang lebih baik, begitu pula sebaliknya. Hal ini tidak hanya akan timbul keluhan soal keadaan kerja yang tidak nyaman. Kantor dengan atasan yang buruk juga seringkali ditemukan terjadinya bullying yang menekan mental psikologi seseorang dan dapat berdampak pada tertekannya kehidupan seseorang.

Kesehatan seseorang bergantung pada lingkungan yang sehat pula. Oleh karena itu, jangan sungkan untuk selalu mendiskusikan kondisi Anda apabila timbul rasa tertekan karena pekerjaan atau atasan yang buruk kepada psikolog terdekat. Buatlah keseharian di kantor Anda lebih bahagia dengan ritual pagi pembangkit semangat seperti menyeduh kopi atau membaca koran.

[NP/ RVS]