Wanita yang Sering Stres Rentan Kena Penyakit Jantung

Oleh Gerardus Septian Kalis pada 08 Jan 2018, 11:06 WIB
Penelitian terbaru mengungkapkan, wanita yang sering stres lebih berisiko mengalami penyakit jantung.
Wanita yang Sering Stres Rentan Kena Penyakit Jantung (SHAjAMP/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Beban pekerjaan maupun beban hidup kerap membuat seseorang terperangkap pada kondisi stres. Jika keadaan ini tidak segera diatasi, risiko penyakit jantung akan semakin tinggi. Kondisi ini semakin berisiko pada wanita.

Sebuah studi terbaru mengungkapkan, stres yang dialami wanita dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Keadaan ini bisa meningkatkan risiko komplikasi penyakit jantung, yang berpotensi fatal bagi kesehatan.

Hasil dari sebuah penelitian mengungkapkan, sekitar 15% pasien wanita yang stres akan mengalami iskemia atau kurangnya suplai darah ke organ tubuh. Kondisi ini terjadi akibat adanya penyempitan pada pembuluh darah.

Mengelola stres

Menurut profesor dari Emory University's Rollins School of Public Health, Dr. Viola Vaccarino, setiap orang dapat mengelola stres yang dialaminya. Vaccarino menyebutkan, meditasi dan berjalan kaki bisa menjadi cara yang baik untuk meredakan stres. Kedua cara ini, menurutnya, bisa membuat pembuluh darah membesar, sehingga memberikan perbaikan pada kondisi mental.

Sejalan dengan itu, Dr. Nieca Goldberg dari American Heart Association, menyebutkan bahwa berjalan kaki nampaknya mengajarkan teknik relaksasi yang cukup efektif untuk mengelola stres. Namun, jika cara ini tidak membawa efek yang signifikan, wanita yang kerap stres sebaiknya segera memeriksakan diri ke psikiater.

Mengetahui stres dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, mulai saat ini sebaiknya Anda lebih berhati-hati. Sebisa mungkin jauhkan diri Anda dari kondisi ini dengan cara-cara yang sudah dipaparkan di atas. Salam sehat!

[NB/ RVS]