Konsumsi 5 Sumber Karbohidrat Ini agar Tubuh Sehat!

Oleh dr. Sara Elise Wijono MRes pada 08 Jan 2018, 11:11 WIB
Sumber karbohidrat apa sajakah yang dapat membantu Anda mendapatkan tubuh sehat?
Konsumsi 5 Sumber Karbohidrat Ini agar Tubuh Sehat! (Eleksandra Naumenko/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Karbohidrat seringkali dituding menjadi penyebab dari masalah obesitas yang kerap dialami masyarakat. Akibatnya, seringkali orang menjalankan pengaturan pola makan dengan menu makanan rendah karbohidrat demi mendapatkan tubuh sehat. Tapi, jangan sedih, ada beberapa sumber karbohidrat yang tetap dapat menunjang kebutuhan tubuh Anda agar senantiasa sehat.

Perlu Anda ketahui, karbohidrat merupakan salah satu dari tiga makronutrien (selain protein dan lemak) yang dibutuhkan oleh tubuh. Setelah dikonsumsi, karbohidrat akan diubah menjadi energi yang sangat menunjang aktivitas tubuh.

Saat ini muncul opini baru, bahwa jika dibandingkan dengan kuantitas, yang terpenting adalah kualitas dari karbohidrat yang Anda makan. Maksudnya adalah jenis karbohidrat yang Anda makan lebih berpengaruh dari jumlah karbohidrat yang Anda makan dalam diet sehari-hari, baik karbohidrat tinggi maupun rendah.

Saat mengonsumsi karbohidrat, usahakan pilih sumber karbohidrat utuh dan hindari karbohidrat yang sudah diproses. Karbohidrat utuh masih memiliki sumber serat alami yang walaupun tidak dapat dicerna langsung oleh tubuh, dapat digunakan oleh bakteri baik dalam saluran pencernaan. Proses ini menghasilkan asam lemak yang dapat dijadikan sumber energi oleh beberapa sel dalam tubuh.

Pada sumber karbohidrat yang telah diproses, umumnya serat alami ini sudah hilang. Contoh dari sumber karbohidrat yang telah diproses adalah roti putih, pasta, nasi putih, jus buah, pastry, minuman-minuman manis, dan lain sebagainya.

Sumber karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi adalah sebagai berikut:

· Biji-bijian dan gandum: seperti sereal, oatmeal, roti gandum, quinoa, dan lain sebagainya.

· Kacang-kacangan: selain kaya karbohidrat kompleks, kacang-kacangan juga mengandung banyak serat dan protein, seperti kacang hijau, lentil, chickpea, almond, walnut, dan lain sebagainya.

· Buah-buahan: mengandung fruktosa yang dapat menjadi sumber energi, juga vitamin dan mineral. Saat konsumsi buah, cobalah makan buah utuh daripada membuat jus buah, hal ini akan memberikan Anda lebih banyak serat untuk dimakan.

· Sayur mayur: merupakan sumber karbohidrat yang baik, kaya akan vitamin dan mineral yang menyehatkan tubuh.

· Umbi-umbian: seperti kentang, ubi, singkong, dan lain sebagainya.

Di tahun yang baru ini, Anda bisa mencoba untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan mengonsumsi pilihan sumber karbohidrat seperti di atas. Semoga dengan perubahan pola makan tersebut, Anda tak hanya mendapatkan tubuh sehat, tapi juga hidup yang lebih bahagia.

[NP/ RVS]