Rangsang Kecerdasan Anak dengan Membacakan Buku

Oleh Gerardus Septian Kalis pada 10 Jan 2018, 11:30 WIB
Membacakan buku untuk anak sejak bayi ternyata sangat baik untuk perkembangan otaknya di masa depan.
Rangsang Kecerdasan Anak dengan Membacakan Buku (George Rudy/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bila ingin membesarkan anak yang sehat, Anda perlu menyiapkan makanan dan minuman kaya nutrisi. Lantas bagaimana bila ingin membesarkan anak yang cerdas? Salah satu caranya yaitu dengan membacakan buku untuk anak sejak bayi.

Sebuah laporan dari Child Trends mengungkapkan, membacakan buku saat anak masih bayi dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa dan kognitif. Di samping itu, aktivitas positif ini juga dapat meningkatkan kemampuan perbendaharaan kata dan mengasah perkembangkan konseptual anak.

Dengan kata lain, semakin sering dan semakin banyak jenis buku yang dibacakan, semakin besar manfaat yang didapatkan anak saat usia 4 tahun. Membacakan buku juga dipercaya mampu meningkatkan kualitas hubungan orangtua dan bayi.

Berdasarkan penelitian ini, terdapat perbedaan respons pada otak anak yang dibacakan buku saat menunjukkan nama-nama dari benda atau individu yang ada di sekitar. Temuan ini juga menemukan bahwa membacakan buku untuk anak merupakan aktivitas yang efektif untuk mendukung perkembangan otak anak di tahun pertama kehidupan.

Untuk diketahui, tidak semua buku diciptakan sama. Buku-buku yang harus dibacakan pada anak yang berusia enam bulan berbeda dengan bacaan untuk anak yang berusia dua tahun. Untuk menuai keuntungan dari membacakan buku, Anda perlu menyiapkan buku-buku yang sesuai dengan usianya. 

Buku cerita yang baik biasanya memiliki nilai-nilai positif. Anak akan merekam pesan moral dari sebuah cerita yang kelak bisa membuatnya menahan diri dari perilaku-perilaku negatif. Salah satu metode belajar sekaligus menanamkan pelajaran pada memori anak adalah dengan pengulangan. Karena itu, Anda perlu membacakan sebuah buku berulang kali.

Jadi, tunggu apa lagi? Ambil buku anak dari rak, lalu Anda dapat membacakan cerita dari buku tersebut sebelum anak tidur. Ingat, melakukan aktivitas ini sejak anak masih bayi dapat mengoptimalkan perkembangannya.

[BA/ RVS]