Kiat agar Selalu Sehat di Tempat Kerja

Oleh Gerardus Septian Kalis pada 11 Jan 2018, 13:01 WIB
Inilah beberapa kiat sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda, agar performa dan produktivitas di tempat kerja juga meningkat.
Kiat agar Selalu Sehat di Tempat Kerja (Wavebreakmedia/shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sering sakit pada hari-hari kerja bisa dibilang adalah sebuah ancaman besar. Menjadi ancaman karena otomatis performa dan produktivitas Anda sebagai pegawai menurun, serta mengindikasikan sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa kiat agar Anda selalu sehat di tempat kerja:

  • Jangan merokok

Merokok dapat menghancurkan antibodi dalam aliran darah. Padahal, antibodi tersebut  berguna untuk membantu tubuh melawan berbagai macam penyakit menular. Dalam tubuh perokok, jumlah antibodinya mengalami penurunan yang pada akhirnya dapat menyebabkan seseorang terkena infeksi dan menderita sakit lebih lama daripada mereka yang tidak merokok.

  • Konsumsi yoghurt

Meski belum banyak penelitian yang menjelaskan hubungan antara probiotik dan sistem kekebalan tubuh, namun ada beberapa penelitian menemukan bahwa beberapa probiotik tertentu membantu menjaga kondisi usus, yang pada gilirannya akan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  • Selalu bersikap positif

Ada sebuah studi tahun 2010 mengenai pengaruh optimisme terhadap sistem kekebalan tubuh. Ketika Anda merasa optimis, sel-sel dalam tubuhnya yang terkait dengan kekebalan menjadi lebih kuat untuk menangkal virus atau bakteri. 

  • Tertawa

Kabar bahwa tertawa adalah salah satu obat terbaik, tampaknya bukan hoaks. Menurut sebuah studi dari Universitas Indiana State, Amerika Serikat, tertawa bisa mendongkrak sistem kekebalan tubuh hingga 40 persen. Para ahli percaya bahwa tertawa menyebabkan cairan limfatik bergerak 10 sampai 15 kali lebih cepat dari biasanya, sehingga meningkatkan jumlah limfosit. Limfosit adalah salah satu jenis sel darah putih yang dapat membantu sistem daya tahan tubuh terhadap penyakit.

  • Konsumsi sereal

Kandungan zink dalam sereal dipercaya dapat membantu tubuh melawan serangan virus. Karena itu, memilih sereal dengan kandungan zink dapat membantu memaksimalkan daya tahan tubuh.

  • Interaksi sosial juga penting

Tetap menjaga interaksi dengan teman-teman dan keluarga dapat membantu Anda terhindar dari penyakit. Dari hasil studi tahun 2005, orang-orang yang kesepian memiliki antibodi lebih lemah untuk melawan penyakit influenza dibandingkan mereka yang sering berinteraksi dengan orang lain. Namun, satu hal yang harus Anda waspadai adalah: semakin sering Anda berinteraksi dengan orang lain, semakin besar kemungkinan Anda tertular penyakit yang ditularkan mereka.

  • Mengonsumsi jamur

Sebuah studi di Universitas Florida tahun 2015 menunjukkan, konsumsi jamur shitake selama empat minggu berturut-turut dapat meningkatkan kekebalan tubuh terjadi. Karena itu, jangan ragu untuk memasukkan jamur shitake ke dalam menu harian Anda.

  • Tidur cukup

Menurut penelitian baru-baru ini, orang yang tidur hanya lima sampai enam jam dalam sehari berpeluang 30%  untuk terkena flu. Sedangkan mereka yang tidur lebih dari tujuh jam, risikonya berkurang menjadi 17 %.

Semua orang – termasuk Anda - tentu ingin dalam kondisi selalu sehat setiap saat. Beberapa kiat yang sudah dijelaskan di atas dapat  Anda coba untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Ketika Anda sehat, performa dan produktivitas Anda di tempat kerja pun akan meningkat.

[RN/ RVS]