Efektifkah Konsumsi Teh Hijau untuk Turunkan Berat Badan?

Oleh Gerardus Septian Kalis pada 11 Jan 2018, 13:48 WIB
Apakah teh hijau lebih efektif menurunkan berat badan dibanding metode lain? Cek penjelasannya di bawah ini.
Efektifkah Konsumsi Teh Hijau untuk Turunkan Berat Badan? (Nishihama/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Teh hijau atau green tea merupakan salah satu jenis teh yang cukup populer di Indonesia. Akhir-akhir ini banyak masyarakat yang mengonsumsi teh hijau dengan tujuan untuk menurunkan berat badan.

Pada dasarnya, semua makanan dan minuman yang menghasilkan energi dapat digunakan untuk membantu proses metabolisme. Teh hijau sendiri adalah salah satu minuman yang baik untuk menurunkan berat badan karena dapat membantu proses metabolisme tubuh berjalan lebih efisien. 

Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan flavonoid  yang disebut katekin dalam teh hijau dapat mempercepat metabolisme. Selain itu, katekin juga dapat membantu mencegah kelebihan lemak dan meningkatkan jumlah energi. 

Meskipun teh hijau memiliki dampak positif menurunkan berat badan, terdapat penelitian lain yang mengungkapkan bahwa manfaat teh hijau tidak signifikan pada mereka yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas.

Selain itu, penting untuk dicatat bahwa manfaat teh hijau untuk menurunkan berat badan cenderung sangat kecil. Dampak teh hijau tidak sebanding dengan metode penurunan berat badan lainnya.

Teratur berolahraga dan konsumsi makanan sehat seperti sayuran adalah strategi penurunan berat badan yang sangat efektif. Tak ada salahnya Anda menggabungkan teh hijau bersamaan dengan metode ini untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Minumlah  2-3 cangkir teh hijau panas setiap hari untuk melengkapi proses penurunan badan yang sedang Anda jalankan. Setiap orang mempunyai takaran yang berbeda tergantung seberapa banyak kafein yang mereka konsumsi dan metabolisme di dalam tubuhnya.

Sementara itu, berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh Journal of the American College of Nutrition, partisipan studi yang minum 4 gelas teh hijau setiap hari selama 2 bulan terbukti dapat menurunkan berat badan 2.7 kg lebih banyak dibandingkan dengan partisipan yang hanya minum air putih.

Meski teh hijau aman dikonsumsi, namun pada beberapa kasus hal ini dapat menimbulkan masalah bagi mereka yang punya riwayat penyakit  jantung dan tekanan darah tinggi akibat dosis kafein yang terlalu besar.

Jadi, jika Anda ingin mengonsumsi teh hijau untuk menurunkan berat badan, pastikan dulu Anda tak memiliki penyakit tertentu yang bereaksi terhadap dosis kafein pada teh hijau. Akan lebih baik lagi jika sebelum menjalankan diet, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi untuk mengetahui pola diet yang sesuai.

[NP]