Konsumsi Vitamin Ini, Jika Anda Sering Bekerja Malam Hari

Oleh Gerardus Septian Kalis pada 14 Jan 2018, 04:45 WIB
Bagi Anda yang sering bekerja di malam hari, berikut ini vitamin yang wajib dikonsumsi agar tubuh tetap sehat.
Konsumsi Vitamin Ini, Jika Anda Sering Bekerja Malam Hari (Gan Dechsri/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Penelitian menyebutkan bahwa orang yang bekerja di malam hari lebih rentan mengalami berbagai gangguan kesehatan. Oleh karena itu, para pekerja malam dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai vitamin, agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal ketika Anda mengonsumsi vitamin, sebaiknya konsultasikan lebih dahulu dengan dokter. Dengan demikian, Anda akan bisa mendapatkan resep yang tepat untuk membeli vitamin yang Anda butuhkan.

Dikutip dari Livestrong, berikut ini adalah beberapa vitamin yang disarankan untuk dikonsumsi bagi Anda yang sering bekerja malam hari, agar tubuh selalu sehat:

  • Vitamin C

Menurut Journal of Circadian Rhythms, orang-orang yang sering bekerja di malam hari memiliki tingkat stres oksidatif yang tinggi. Kondisi ini dikaitkan dengan kerusakan sel dan beberapa jenis kanker.

Vitamin C adalah antioksidan kuat, yang efektif untuk menetralkan radikal bebas akibat stres oksidatif. Vitamin ini banyak ditemukan pada buah jeruk, kiwi, stroberi, dan nanas. Jika tidak terlalu suka makan buah, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin C sesuai anjuran dokter.

  • Vitamin D

Sebuah penelitian tahun 2009 yang dipublikasikan di Osteoporosis International menemukan bahwa perawat wanita yang bekerja di malam hari memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami patah tulang di pergelangan tangan dan pinggul.

Untuk menurunkan risiko tersebut, Anda sebaiknya mulai mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D – seperti tahu, tempe, telur, susu dan produk olahannya.

  • Vitamin E

Penelitian tahun 1995 yang diterbitkan dalam jurnal Circulation menemukan bahwa wanita yang bekerja di malam hari memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Menurut University of Maryland Medical Center, untuk melawan zat-zat beracun yang sering dihadapi pekerja shift malam, konsumsi vitamin E dapat memberikan perlindungan optimal bagi tubuh Anda. Vitamin ini dapat Anda temukan pada bayam, kacang almond, udang, tomat, alpukat, kiwi, dan wortel.

  • Vitamin A

Untuk orang-orang yang bekerja di malam hari, menambahkan vitamin A dalam menu hariannya dipercaya dapat mencegah kekeringan dan kelelahan pada mata. Anda bisa mendapatkan vitamin ini dari telur, produk olahan susu, wortel dan tomat. 

Nah, itulah beberapa vitamin yang harus dikonsumsi untuk orang-orang yang bekerja di malam hari. Seperti yang telah disarankan, agar  manfaat vitamin yang Anda konsumsi lebih optimal bagi kesehatan Anda, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

[NB/ RVS]