Pengertian

Kanker tiroid merupakan penyakit yang ditandai dengan tumbuhnya sel tumor ganas di kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid merupakan organ yang terletak pada leher bagian depan. Kelenjar ini berfungsi menghasilkan hormon tiroksin yang berperan dalam metabolise tubuh. Dalam keadaan normal, kelenjar tiroid tidak terlihat dan tidak teraba dari pemeriksaan luar.

Terdapat empat jenis kanker tiroid, yaitu:

  • Karsinoma papiler, merupakan jenis kanker tiroid yang paling sering terjadi. Kanker ini paling sering dialami oleh wanita di bawah usia 40 tahun.
  • Karsinoma folikuler, satu dari 10 kejadian kanker tiroid merupakan jenis folikuler.
  • Karsinoma meduler, merupakan jenis kanker tiroid yang jarang terjadi.
  • Karsionoma anaplastik, jenis kanker ini merupakan kanker tiroid yang paling jarang ditemui, namun jenis yang paling ganas. Umumnya terjadi pada mereka yang berusia 60 tahun ke atas.

Penyebab

Kanker tiroid terjadi akibat perubahan DNA pada sel di kelenjar tiroid yang menyebabkan sel-sel berkembang biak tak terkendali. Penyebab perubahan DNA ini hingga saat ini belum diketahui.

Akan tetapi, ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang lebih rentan mengalami penyakit ini, yaitu:

  • Adanya penyakit pada kelenjar tiroid, seperti radang pada kelenjar tiroid (tiroiditis) atau goiter akibat kekurangan yodium.
  • Adanya riwayat kanker tiroid dalam keluarga.
  • Adanya riwayat pengobatan dengan radiasi sebelumnya.
  • Obesitas.
  • Kelebihan hormon pertumbuhan (growth hormone).

Diagnosis

Pada pemeriksaan awal, dokter akan melakukan perabaan pada kelenjar tiroid. Bila teraba membesar dan keras, dokter akan meminta pasien melakukan pemeriksaan USG tiroid untuk mengukur besarnya kelenjar tiroid dan mendeteksi adanya tumor.

Bila ditemukan bentuk kelenjar tiroid yang mencurigakan ke arah kanker tiroid, dokter akan melakukan biopsi pada kelenjar tiroid. Sampel jaringan hasil biopsi akan diperiksa di bawah mikroskop untuk melihat bila terdapat sel ganas.

Gejala

Pada tahap awal, kanker tiroid jarang menimbulkan gejala. Memasuki tahap lanjut, beberapa gejala baru mulai tampak. Gejala utama kanker tiroid adalah munculnya benjolan yang makin membesar di leher bagian depan. Benjolan akibat kanker tiroid umumnya tidak nyeri, teraba keras, dan sulit untuk digerakkan.

Gejala lain dari kanker tiroid adalah timbulnya keluhan suara serak yang tidak membaik setelah beberapa minggu. Selain itu, penderita juga akan merasakan nyeri tenggorokan yang berkepanjangan, nyeri di daerah leher, sulit menelan, dan sulit bernapas.

Pengobatan

Pengobatan kanker tiroid tergantung pada jenis sel kanker dan stadiumnya. Secara umum, pengobatan yang digunakan untuk mengatasi kanker tiroid adalah:

  • Operasi tiroidektomi, yaitu operasi pengangkatan seluruh kelenjar tiroid untuk menghilangkan seluruh sel kanker.
  • Pengobatan dengan yodium radioaktif, yang dilakukan dengan cara menelan yodium radioaktif tersebut. Zat ini akan tersebar dalam seluruh aliran darah dan membunuh sel kanker.
  • Radioterapi atau radiasi, yaitu penyinaran dari luar ke daerah leher untuk membunuh sel kanker di kelenjar tiroid.
  • Kemoterapi, yang diberikan melalui infus untuk membunuh sel kanker.

 

Pencegahan

Hingga saat ini belum ada tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker tiroid.