Pengertian

Nevus merupakan bercak berwarna yang terdapat di atas permukaan kulit. Nevus terdiri dari bermacam-macam jenis, antara lain nevus melanocytic yang dikenal dengan istilah ‘tahi lalat’ dan giant hairy nevus yang perlu diwaspadai karena sekitar 10-15% dapat berkembang menjadi ganas.

Apabila ditemukan bercak pada kulit, bawalah diri Anda ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai.

Komplikasi

Nevus yang berkembang menjadi ganas sangatlah berbahaya dan cukup sulit untuk ditangani. Pada bayi, giant congenital nevus dapat menyebabkan gangguan tumbuh kembang. Bercak seperti tanda lahir atau tahi lalat yang terpapar polusi, sinar ultraviolet, dan bahan kimia berbahaya juga menyimpan potensi untuk berkembang menjadi melanoma—salah satu jenis kanker kulit.

Komplikasi kedua adalah neurocutneous melanocytosis, yakni salah satu bentuk gangguan saraf. Ketika produksi sel melanin sebagai pelindung kulit dari sinar ultraviolet meningkat, melanin dapat masuk ke otak atau tulang belakang, tempat berkumpulnya saraf. Risiko terjadinya hal ini memang kecil, hanya sekitar 7 persen. Namun, pasien yang terkena komplikasi akan mengalami gangguan saraf, seperti kejang, pingsan, hingga muntah-muntah.

Diagnosis

Nevus dapat didiagnosis berdasarkan gambaran klinis. Biasanya, bercak nevus berbentuk kubah atau berkutil. Kadang terletak di kaki dan berbentuk seperti huruf D.

Warnanya pun dapat bervariasi dari cokelat hingga hitam. Ukurannya biasanya tidak besar, sekitar 24 mm. Bercak nevus dalam satu area bisa tunggal atau ganda, dan paling sering tumbuh di area wajah atau leher.

Nevus

Gejala

Pada dasarnya, nevus tidak memberikan gejala apa pun jika memang bersifat jinak. Meski demikian, Anda perlu mengenal tanda-tanda nevus berkembang menjadi ganas, seperti:

  • Luka dan perdarahan yang tiba-tiba
  • Bercak membesar dan warna semakin gelap
  • Menyebar ke kulit sekitarnya
  • Di sekitarnya ada bercak yang lebih kecil mengelilinginya
  • Radang kulit yang muncul secara tiba-tiba
  • Nyeri
  • Gatal

Pengobatan

Umumnya nevus tidak memerlukan terapi, kecuali bila pasien menginginkan nevus diangkat atau dokter mencurigai perubahan ke arah keganasan. Terapi yang dipilih adalah eksisi sederhana nevus yang dicurigai ganas.

Eksisi adalah operasi kecil dengan melakukan anastesi setempat dan dapat dilakukan oleh seorang dokter umum tanpa harus datang ke rumah sakit dan tanpa masuk ke kamar operasi.

Tindakan ini cukup aman dengan standar operasional dan tingkat kesterilan yang baik, sehingga tidak terjadi efek samping yang mengkhawatirkan pascaoperasi. Namun karena berasal dari sel-sel melanosit yang melindungi kulit dari kerusakan, maka tidak ada yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya nevus.

Penyebab

Nevus berasal dari sel-sel melanosit pembentuk warna kulit dan rambut. Nevus umumnya muncul saat lahir atau segera setelah lahir, terbanyak pada dewasa muda, dan menurun pada orang tua.