Tips Menghibur Anak yang Alergi

Oleh dr. Alvin Nursalim pada 08 Sep 2014, 16:14 WIB
Salah satu penanganan ketika anak alergi adalah membatasi anak mereka beraktivitas di luar ruangan. Ini artinya mereka tidak bisa bermain dan bersenang-senang selayaknya anak normal. Dengan demikian adalah tuntutan orangtua untuk menciptakan suasana yang
Tips Menghibur Anak yang Alergi

Klikdokter.com - Dalam dekade terakhir, kecenderungan kasus alergi pada anak semakin meningkat. Orangtua yang memiliki anak penderita alergi pun terpaksa melakukan penanganan ekstra supaya gejala alerginya tidak bertambah parah dan kambuh.

Salah satu penanganan yang harus diambil oleh orangtua adalah tidak memperbolehkan anak mereka beraktivitas di luar ruangan. Ini artinya mereka tidak bisa bermain dan bersenang-senang selayaknya anak normal.

Sudah sebaiknya Anda sebagai orangtua menciptakan suasana yang menyenangkan di dalam rumah supaya ia tidak merasa kesepian.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan di rumah untuk menghibur anak yang sedang sedih terkena alergi:

1 of 3

Cara Menghibur Anak Alergi

Sudah sebaiknya Anda sebagai orangtua menciptakan suasana yang menyenangkan di dalam rumah supaya ia tidak merasa kesepian. Ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Berburu Harta Karun

Berpura-puralah menjadi bajak laut dan ajak anak Anda mencari harta karun yang tersembunyi. Buatlah peta harta karun yang menunjukkan lokasi harta karun. Biar lebih seru, berpakaianlah seperti bajak laut dengan topi dan penutup mata.

2. Voli Balon

Tiup balon hingga besar dan ambil tali rafia untuk dijadikan net. Anda bisa bermain berpasangan melawan orang atau saling berkompetisi. Buatlah skor supaya permainan menjadi lebih menarik.

3. 

Membuat Kerajinan Tangan

Bahan-bahannya bisa Anda dapatkan dari mana saja dan caranya bisa dicari dari internet. Salah satunya adalah kumpulkan manik-manik, pita, tali dan membiarkan anak-anak membuat gelang dan kalung. Anda akan menemukan anak Anda sibuk selama berjam-jam membuat ini.

4. Jadi Superhero

Pasang lambang S di dada kemudian ambil sebuah buku komik untuk menceritakan kisah pahlawan dan petualangan sang superhero.

5. Membuat Kartu Ulang Tahun

Yang Anda butuhkan adalah kertas karton, spidol atau cat, sedikit lem, glitter, dan mungkin sisa kain. Anda bersama anak bisa membuat kartu lucu dan unik buatan tangan untuk ulang tahun atau ucapan hari raya.

 

2 of 3

Mengajak Anak Bermain Ketika Terkena Alergi

6. Panggung Broadway

Dorong anak Anda menulis cerita sebuah drama. Ini nantinya bisa dipentaskan di dalam rumah dengan membuat panggung di sudut ruang tamu dengan sprei sebagai tirai dan kostum dari pakaian-pakaian Anda. Ketika mereka sudah siap, Anda tinggal duduk dan menikmati karya mereka.

7. Membuat Kastil

Ambil beberapa kursi, bantal sofa, bantal dan guling, selimut untuk membuat sebuah kastil di mana mereka bisa gunakan sebagai persembunyian rahasia untuk membaca, menikmati cemilan, atau bermain ksatria.

 

Jangan buat alergi mereka alasan untuk tidak bisa bersenang-senang. Yang Anda butuhkan cuma sedikit kreativitas dan dikombinasikan dengan imajinasi. Jadi, ide kreatif apalagi yang bisa Anda dapatkan?

Bagaimana pun, hal yang penting Anda perlu ingat adalah menelusuri terlebih dahulu biang pencetus alergi sang anak. Batasi dan jauhi untuk sementara alergen dirinya. Pun jangan sampai aktivitas penghibur yang dianjurkan diatas malah justru memperparah alergi anak karena kita luput memastikan pencetus alergi anak. Contohnya, bisa jadi alergi pada debu adalah pencetus alerginya, dengan demikian jauhkan semua benda yang berpotensi menyimpan debu ketika melakukan aktivitas menghibur, seperti bantal, guling, debu di karpet dan lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓