Inilah Penyakit yang Disebabkan Makanan Tidak Bersih

Oleh dr. Puti Naindra Alevia pada 06 Nov 2014, 17:52 WIB
Di dalam medis, terdapat istilah Foodborne Illness. Yakni penyakit yang disebabkan dari makanan yang tidak lagi higienis, berikut penjelasan dr. Puti Naindra Alevia disini.
Inilah Penyakit yang Disebabkan Makanan Tidak Bersih

KlikDokter.com - Penyakit yang ditularkan melalui makanan merupakan suatu masalah yang cukup serius. Di Amerika Serikat, terdapat 48 juta kasus foorborne illness dan menyebabkan 128.000 orang dirawat dan 3000 orang meninggal dunia setiap tahunnya.

Gejala-gejala penyakit ini mencakup: diare, mual, muntah-muntah, nyeri perut, demam dan nyeri kepala. Gejalanya memang biasanya sama dengan penyakit saluran cerna karena sebab lain (tertular orang lain, kurang higienis) sehingga sulit untuk dibedakan.

Periode inkubasi (lama waktu antara memakan makanan dan mulai timbulnya gejala) dapat mencapai 3 – 4 hari. Artinya, makanan yang terakhir Anda makan sebelum timbul gejala bukan berarti merupakan makanan menjadi penyebab sakit Anda. Gejalanya sendiri dapat muncul selama 1 – 7 hari.

Perlu diingat bahwa makanan yang dapat menyebabkan foodborne illness tidak selalu terlihat, memiliki rasa atau bau yang berbeda dengan makanan dalam kondisi baik. Hal ini dapat terjadi karena bakteri yang menyebabkan penyakit ini adalah bakteri patogen yang berbeda dari bakteri yang menyebabkan makanan busuk.

Inilah Mikroorganisme yang Dapat Menimbulkan Masalah Kesehatan:

1 of 2

Inilah Mikroorganisme yang Dapat Menimbulkan Masalah Kesehatan:

Banyak organisme patogen yang terdapat pada daging sapi, ayam, ikan mentah atau kurang matang, serta telur dan susu, air yang tidak bersih, dan bahkan pada buah dan sayuran. Menjaga bahan-bahan makanan ini pada suhu rendah penting untuk memperlambat pertumbuhan bakteri.

Inilah beberapa mikroorganisme yang dapat menimbulkan masalah kesehatan Anda dan keluarga:

  • Salmonella: penyebab utama kematian karena foodborne illness.
  • E. coli O157:H7: bakteri yang dapat memproduksi toksin yang fatal, terdapat 20.000 – 40.000 kasus infeksi ini tiap tahunnya.
  • Clostridium botulinum: bakteri yang memproduksi toksin yang dapat menyebabkan botulisme, sebuah penyakit yang dikarakteristikkan dengan kelumpuhan otot.
  • Campylobacter, norovirus, Shigella: dapat menyebabkan masalah kesehatan serius pada anak, orang lanjut usia, dan dengan penyakit kronik.
Lanjutkan Membaca ↓