Cara Sederhana Cegah Foodborne Illness

Oleh dr. Puti Naindra Alevia pada 06 Nov 2014, 17:52 WIB
Tidak sedikit penyakit yang disebabkan oleh makanan yang tidak higienis, beberapa diantaranya disebabkan oleh menganggap remeh kiat menjaga kebersihan makanan. Berikut tips dan saran dari dr. Puti Naindra Alevia untuk menjaga makanan tetap higienis.
Cara Sederhana Cegah Foodborne Illness

KlikDokter.com - Salah satu alat yang penting untuk melindungi diri Anda dan keluarga dari penyakit yang ditularkan lewat makanan (foodborne illness) adalah kulkas Anda. Pada suhu ruangan, jumlah bakteri yang dapat menyebabkan penyakit dapat meningkat dua kali setiap 20 menit. Menjaga makanan tetap dalam suhu yang tepat merupakan salah satu cara terbaik untuk menghambat pertumbuhan bakteri-bakteri ini.

Untuk kiat sederhana tahap awal, Anda dapat melakukan beberapa kiat berikut ini:

  • Anda dapat membeli dua termometer yang harganya tidak terlalu mahal untuk memonitor suhu lemari pendingin Anda.
  • Tempatkan satu termometer dalam bagian tengah kulkas dan termometer yang lain dalam freezer dan periksalah secara berkala.
  • Pastikan temperatur kulkas di bawah 4?C dan temperatur freezer di bawah -18?C.

Selain itu, ikuti tips-tips di bawah ini untuk terhindar dari infeksi bakteri yang dapat menghampiri saluran cerna Anda dan keluarga tercinta:

1 of 2

Mencegah Makanan Menjadi Sumber Penyakit

makanan, higienisSelain itu, ikuti tips-tips di bawah ini untuk terhindar dari infeksi bakteri yang dapat menghampiri saluran cerna Anda dan keluarga tercinta:

  • Bersihkan kulkas tiap satu atau dua minggu.
  • Hindari mengisi kulkas dengan terlalu banyak makanan/minuman. Udara harus bebas bersikulasi dalam kulkas untuk menjaga makanan tetap dingin.
  • Bersihkan tumpahan makanan dalam kulkas segera untuk mencegah tumbuhnya bakteri Listeria (yang dapat tumbuh dalam suhu dingin) dan terjadinya kontaminasi silang ke makanan lain.
  • Simpan makanan dalam pembungkus atau kantung pastik yang tertutup.
  • Masukkan bahan makanan yang Anda dapatkan di supermarket/pasar ke dalam kulkas dalam tempo yang sesingkat-singkatnya setelah dibeli. Jangan biarkan daging, ayam, ikan, telur, atau sayuran mentah berada pada suhu ruangan lebih dari 2 jam. Hal ini juga berlaku untuk sisa makanan yang Anda bungkus untuk dibawa pulang.
  • Keluarkan makanan yang sudah melewati tanggal kadaluarsa.
  • Perhatikan tanda-tanda makanan mulai basi. Beberapa makanan tetap terlihat bagus walaupun banyak mikroorganisme yang menempel. Jadi, bila Anda ragu, lebih baik buanglah makanan atau minuman tersebut.

Tentunya Anda tidak boleh lupa untuk menjaga kebersihan tangan dan alat-alat dapur Anda. Cucilah tangan secara teratur dan gunakan alat dapur yang berbeda untuk makanan mentah serta makanan jadi. Hindari penggunaan lap yang sama untuk mengeringkan tangan dan alat makan.

Lanjutkan Membaca ↓