9 Cara Menjaga Mata Agar Tetap Tajam dan Sehat!

Oleh dr. Jessica Florencia pada 21 Nov 2014, 09:41 WIB
Mata Anda mulai merasa mudah lelah? Baru membaca 5 menit penglihatan langsung kabur? Apalagi untuk bekerja di depan layar digital dalam waktu cukup lama? Maka sudah saatnya Anda perlu melakukan beberapa kiat berikut ini bersama dr. Jessica Florencia disin
9 Cara Menjaga Mata Agar Tetap Tajam dan Sehat!

Klikdokter.com – Mata Anda mulai merasa mudah lelah? Baru membaca 5 menit penglihatan langsung kabur? Apalagi untuk bekerja di depan layar digital dalam waktu cukup lama?

Maka sudah saatnya Anda perlu melakukan beberapa kiat berikut ini guna membantu permasalahan mata mudah lelah Anda. 

Karena tidak dapat dipungkiri, mata adalah jendela dunia. Dengan mata, berbagai aktivitas kita dapat dilakukan dengan lebih mudah. Untuk itu, menjaga kesehatan mata harusnya menjadi prioritas utama kita.

Berikut ini tips yang dapat Anda lakukan guna menjaga kesehatan mata Anda.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

1 of 10

1. Sering Melihat Layar Monitor Dalam Waktu Lama?

mata lelah monitorSering bekerja di depan layar digital dapat membuat mata Anda cepat lelah dan kering. Untuk itu Anda dapat mempraktikkan aturan 20-20-20 yang telah disepakati oleh para ahli sebagai cara untuk menjaga mata tidak terlalu ‘tersiksa’.

Setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat ke kejauhan sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. (Baca: 7 Cara Medis Menjaga Mata Tetap Fresh)

Gunakan layar penggelap dan aturlah kecerahan layar digital Anda sehingga tidak terlalu memberatkan mata Anda.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

2 of 10

2. Gunakan Kacamata Hitam!

kacamata hitam mataRadiasi sinar matahari dapat menyebabkan katarak pada mata berkembang lebih cepat. Untuk itu, jika Anda berada di luar ruangan, gunakanlah kacamata surya yang melindungi Anda dari UV-A dan UV-B.

Topi atau payung juga dapat membantu melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet. (Baca: Cuaca Cerah? Pakai Kacamata Hitam!)

Jadi bukan persoalan fashion dan gaya lagi, kacamata hitam sudah dianjurkan oleh dokter dikenakan ketika cuaca cerah.

Meskipun sisi menyenangkannya adalah Anda tampil trendy dengan kacamata hitam.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

3 of 10

3. Gunakan Kacamata Pelindung Mata

pelindung mataJika Anda bekerja dengan bahan-bahan kimia atau alat-alat yang dapat membahayakan mata maka sebaiknya Anda menggunakan kacamata pelindung mata untuk menghindari trauma fisik atau kimia yang dapat menyebabkan kebutaan.

Hal ini tidak dapat disepelekan, bahkan ketika menggergaji kayu di rumah sekalipun, sangat disarankan mengenakan kacamata pelindung.

Kita tidak pernah tahu kapan sekam dan ampas kayu yang kecil dapat mencederai mata.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

4 of 10

4. Makanan Sehat untuk Mata

kesehatan mataKesehatan mata dipengaruhi oleh kesehatan sel-sel saraf dan juga pembuluh darah.

Untuk itu, makanan-makanan yang baik untuk kesehatan aliran darah juga dapat dikonsumsi seperti buah-buahan, sayuran hijau gelap dan gandum. 

Makanan tinggi kandungan Zinc seperti kacang-kacangan, daging merah tanpa lemak, daging unggas dapat melindungi mata dari kerusakan karena cahaya.

Vitamin A membantu sel-sel penglihatan. (Baca: Makan Ikan Dapat Melindungi Mata)

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

5 of 10

5. Rawatlah Kontak Lensa Anda

lensa kontak Jaga kebersihan kontak lensa, selalu perhatikan kebersihan tangan saat memakai kontak lensa dan jangan memakai kontak lensa saat tidur.

Gunakan cairan kontak lensa yang sesuai dengan perhatikan tanggal kedaluwarsa dari cairan dan kontak lensa Anda.

Setiap perawatan kontak lensa, sangat berpengaruh dari jenis kontak lensa yang Anda miliki. (Baca: 3 Jenis Contact Lenses yang Perlu Anda Ketahui)

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

6 of 10

6. Perhatikan dengan Seksama Rias Mata Anda

kosmetik mataSebaiknya jangan menggunakan riasan mata yang sudah berusia lebih dari 3 bulan, terutama dalam bentuk cairan atau krim seperti misalnya mascara.

Selalu gunakan riasan mata dalam keadaan bersih dan bersihkan kembali riasan mata dengan seksama sebelum tidur.

Tentunya kita tidak ingin beberapa debu rias di sekitar mata Anda masuk ke dalam mata Anda ketika Anda tidur, bukan?

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

 

7 of 10

7. Berhenti Merokok

rokok berhenti Merokok dapat mempercepat kejadian katarak dan dapat menyebabkan keluhan mata kering dan tidak nyaman.

Pengaruhnya terhadap pembuluh darah juga membahayakan pembuluh darah retina sehingga dapat menyebabkan kebutaan. (Baca: 7 Cara Menghindari Rokok)

Pada prinsipnya masih banyak potensi bahaya rokok bagi kesehatan. Jangan sampai mata Anda atau pun mata orang lain ikut menjadi korbannya. Karena sekalipun Anda berpendapat Anda merokok hanya untuk diri sendiri, ketahuilah asap rokok masih mengintai orang sekitar Anda karena kehadiran mereka sebagai perokok pasif. 

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

8 of 10

8. Jangan Sepelekan Keluhan Mata

mata sehat tipsJangan hiraukan keluhan mata gatal dan merah, atau kelilipan. Jangan menggosok-gosok mata jika keluhan terus mengganggu. Tangani dengan tetes mata yang dapat dijual bebas atau dengan membilas mata dengan air bersih. 

Namun pastikan Anda tidak menggunakan obat tetes mata secara sembarangan. (Baca: Jangan Sembarangan Menggunakan Obat Tetes Mata)

Kunjungilah dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

9 of 10

9. Pemeriksaan Mata Rutin

Jangan anggap remeh pemeriksaan mata rutin, meskipun Anda tidak memakai kacamata. Usahakan untuk memeriksakan kesehatan mata paling tidak 2-3 tahun sekali jika Anda tidak memiliki keluhan. Namun jika Anda memakai kontak lensa, mengidap diabetes, tekanan darah tinggi dan memiliki riwayat penyakit mata dalam keluarga, maka pemeriksaan 1 tahun sekali sangat dianjurkan.

Kalau bukan Anda sendiri, siapa lagi yang akan menjaga kesehatan mata Anda sendiri? 

Baca juga:
Lanjutkan Membaca ↓