Takut Iritasi Karena Lensa Kontak? Baca Ini Dulu!

Oleh dr. Mega Putri pada 13 Jan 2015, 10:29 WIB
Jangan sembarangan atasi masalah kontak lensa mata. Salah-salah bisa menjadi masalah. dr. Mega Putri disini menjelaskan cara menggunakan dan merawat lensa kontak yang baik dan sehat.
Takut Iritasi Karena Lensa Kontak? Baca Ini Dulu!

Klikdokter.com – Teknologi terkini membuat lensa kontak jadi makin aman dan nyaman untuk dikenakan. Namun, pemakaian lensa kontak dengan jenis apa pun dapat meningkatkan risiko infeksi kornea, karena lensa kontak menghalangi oksigen untuk masuk ke mata. Tak hanya itu, masalah bisa disebabkan karena pengguna lensa kontak tidak memperhatikan kebersihan. Untuk mencegah iritasi atau infeksi pada mata, Anda dapat melakukan 7 hal berikut ini:

1. Jangan memakai lensa kontak lebih dari 8 jam/hari

Para dokter mata menyarankan agar penggunaan lensa kontak tidak lebih dari 6-8 jam/hari. Tujuannya agar mata tetap mendapatkan oksigen yang cukup.

2. Sering-seringlah menggunakan artificial tears atau air mata buatan

53% pengguna lensa kontak menderita mata kering. Penting menggunakan artificial tears agar mata tetap sehat dan segar. 

Berikut ini beberapa tips dan kiat merawat dan menggunakan kontak lensa mata lainnya:

1 of 3

Cara Menggunakan dan Merawat Kontak Lensa yang Baik dan Sehat

Matafres-banner-690x150px

3. Jaga kebersihan dengan baik

Cuci, bilas dan keringkan tangan dengan bersih sebelum memegang lensa kontak.

4. Lepas lensa kontak sebelum tidur

Hal ini berlaku untuk lensa kontak jenis extended wear, yakni lensa kontak yang bisa dipakai terus-menerus dari siang hingga saat tidur malam. Penggunaan lensa kontak tanpa dilepas dapat mengakibatkan penimbunan mikroorganisme yang dapat menimbulkan risiko terjadi iritasi dan infeksi mata.

5. Minimalkan kontak dengan air

Lepaskan lensa kontak sebelum mandi atau berenang.

 

6. Gosok dan bilas lensa kontak

Gosok lembut dan bilas lensa kontak sebelum dan setelah dipakai lalu simpan pada tempatnya. Dalam keadaan darurat sekalipun, jangan menggunakan air liur untuk membersihkan lensa kontak. Gunakan selalu cairan pembersih lensa kontak untuk mencegah iritasi.

7. Ganti lensa kontak dan perhatikan tanggal kedaluwarsa

Ikuti panduan produsen lensa kontak yang digunakan. Ganti lensa kontak setiap tiga hingga enam bulan. Hindari penggunaan lensa kontak yang sudah lewat masa kedaluwarsanya.

2 of 3

Mata Kering & Lensa Kontak Mata

Matafres-banner-690x150px

Mata kering merupakan masalah yang tidak bisa dihindari bagi para pemakai lensa kontak. Jika mata Anda gatal atau merah, lepaskan lensa kontak dan gunakan obat tetes mata. Jika penglihatan menjadi kabur atau Anda mengalami sakit mata, sensitif terhadap cahaya atau masalah lainnya, segera konsultasi dengan dokter spesialis mata untuk pengobatan yang tepat. 

Lanjutkan Membaca ↓