Mata Kuning? Waspadalah Gejala Penyakit Berikut Ini!

Oleh Klikdokter pada 01 Feb 2015, 19:59 WIB
Mata muncul berwarna kekuning-kuningan bisa jadi merupakan gejala dan tanda dari beberapa penyakit berikut ini. Simak selengkapnya disini.
Mata Kuning? Waspadalah Gejala Penyakit Berikut Ini!

Klikdokter.com – Pernahkah Anda melihat seseorang yang matanya berwarna kuning dan bukan putih? Apakah mata kuning berbahaya bagi kesehatan? Mengapa mata bisa menjadi kuning? Mari simak penjelasan berikut ini:

Mata kuning terjadi ketika bagian putih dari mata atau sklera berubah menjadi kekuning-kuningan. Dikenal sebagai ikterus scleral, umumnya mata kuning merupakan tanda penyakit kuning yang disebabkan oleh penumpukan bilirubin dalam darah. Bilirubin adalah pigmen berwarna kuning yang dihasilkan oleh pemecahan sel darah merah tua. Bilirubin biasanya diproses oleh hati dan dilepaskan ke usus dalam empedu sebelum dikeluarkan dari tubuh melalui feses.

Mata kuning pada bayi baru lahir bisa terjadi secara fisiologis (normal) ataupun patologis (akibat penyakit), yang biasanya dapat dilihat secara klinis. Apabila kuning pada bayi baru timbul setelah 24 jam pertama kehidupan dengan kondisi bayi sehat secara keseluruhan, hal tersebut masih bisa dikatakan normal dan umumnya bersifat sementara.

Lalu, bagaimana dengan mata kuning pada anak-anak dan orang dewasa?

1 of 2

Lalu, bagaimana dengan mata kuning pada anak-anak dan orang dewasa?

Mata kuning pada anak-anak dan orang dewasa biasanya terjadi karena penyakit serius, di antaranya adalah:

  • anemia hemolitik,
  • infeksi hepatitis,
  • sumbatan empedu,
  • gangguan alkohol, dan beberapa sindroma penyakit.

Apabila Anda atau anak Anda mengalami mata kuning tanpa gejala penyakit apa pun, segeralah berkonsultasi ke dokter. Diagnosa awal dan pengobatan dini akan mengurangi komplikasi yang lebih serius.

Lanjutkan Membaca ↓
Chris RebhoChris Rebho

dokter maaf apakah sya bisa kasih keluhan mengenai mata sya ??? TKS