Inilah Penyebab Mata Merah & Iritasi

Oleh dr. Atika pada 10 Mar 2015, 08:57 WIB
Sudah saatnya Anda mewaspadai beberapa penyebab mata merah karena iritasi berikut ini. Pasalnya bukan cuma karena kelilipan saja, tapi juga biang kerok lainnya.
Inilah Penyebab Mata Merah & Iritasi

mata, merah, KlikDokter.com – Mata merah merupakan suatu keadaan yang sering dihadapi oleh banyak orang. Mata merah dapat timbul akibat pelebaran pembuluh darah yang menyebabkan terjadinya warna kemerahan pada permukaan bola mata. Derajat kemerahan pada mata biasanya tidak berhubungan dengan tingkat keparahan suatu penyakit mata yang diderita. Yang perlu diperhatikan adalah keluhan yang menyertai mata merah tersebut, misalnya jika disertai sakit kepala, mual, muntah, dan gangguan penglihatan.

Mata merah merupakan suatu keadaan yang sering dihadapi oleh banyak orang. Ada bermacam-macam penyebabnya. Sebagian kasus memerlukan perhatian khusus atau bahkan tidak membutuhkan penanganan sama sekali.

Mata merah dapat timbul akibat pelebaran pembuluh darah yang menyebabkan terjadinya warna kemerahan pada permukaan bola mata. Derajat kemerahan pada mata biasanya tidak berhubungan dengan keperahan suatu penyakit mata yang diderita. Yang perlu diperhatikan adalah keluhan yang menyertai mata merah tersebut, misalnya jika disertai sakit kepala, mual, muntah, dan gangguan penglihatan.

Tidak semua mata merah disebabkan oleh debu dan asap. Mata merah dapat juga diakibatkan oleh iritasi bahan kimia, alergi, atau infeksi baik infeksi bakteri, virus, dan jamur, serta mata kering.

Halaman berikut menjelaskan beberapa penyebab mata merah:

1 of 3

Halaman berikut menjelaskan beberapa penyebab mata merah:

Matafres-banner-690x150px

mata, merah, iritasi1. Mata merah akibat iritasi bahan kimia

Mata merah yang dikarenakan oleh iritasi bahan kimia dapat diketahui jika sebelumnya terdapat riwayat paparan mata terhadap bahan kimia. Hal ini harus segera diatasi dengan membasuh mata dengan air mengalir.

2. Mata merah akibat alergi

Mata merah yang disebabkan oleh alergi umumnya terasa gatal, berwarna merah, dan berair. Salah satu cara untuk menanganinya adalah dengan menghindari paparan terhadap sumber alergi atau dengan memberikan obat tetes mata yang mengandung antiperadangan.

3. Mata merah akibat infeksi

Mata merah yang disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan adanya kotoran mata (belek) dan mata terasa perih. Hal ini dapat diatasi dengan pemberian obat tetes mata yang mengandung antibiotik.

Pengobatan berupa pencuci mata tradisional, misalnya air daun sirih, tidak dianjurkan karena belum terbukti secara klinis, bahkan bisa menyebabkan iritasi mata. Ada sebagian masyarakat yang beranggapan urin (air kencing) atau ludah dapat mengobati mata merah. Itu adalah mitos dan sangat menyesatkan.

4. Mata merah akibat mata kering

Mata merah yang disebabkan oleh mata kering umumnya mata terasa lelah dan perih. Cara menanganinya adalah dengan menggunakan pelembab mata yang berisi air mata buatan. Gunakan setiap hari dalam jangka panjang agar mata tetap segar dan sehat.

Namun segeralah berkonsultasi dengan dokter jika menemui beberapa keadaan seperti yang dijelaskan pada halaman berikut ini:

2 of 3

Segeralah berkonsultasi dengan dokter jika:

Matafres-banner-690x150px

  • Mata merah lebih dari 1-2 hari

  • Mata merah setelah terkena trauma benda tajam

  • Mata merah disertai mual dan muntah

  • Mata merah dan sakit disertai gangguan penglihatan

  • Terdapat benda asing pada mata

  • Sangat sensitif terhadap cahaya atau silau yang berlebihan

  • Terdapat kotoran mata berwarna kuning atau kehijauan

  • Timbul kelainan kulit, seperti cacar air di sekitar mata

Lanjutkan Membaca ↓
della16della16

dok kalazion itu penyakit mata ???

b16denb16den

mata saya selalu merah, semenjak 6 tahun lalu, sy beberapa kali menggunakan tetes mata dengan harapan mata saya bisa puti, tapi tidak ada perubahan. kira2 mata saya kenapa yah?