Jangan Sepelekan Mata Berair

Oleh Klikdokter pada 24 Mei 2015, 15:49 WIB
Sakit mata sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, salah satunya mata berair. Temukan penyebab dan cara mengatasinya di sini!
Jangan Sepelekan Mata Berair

KlikDokter.com – Mata berair (epifora) adalah kondisi ketika mata berair terus-menerus. Hal ini memang tidak membahayakan, namun tentunya bisa mengganggu kegiatan sehari-hari jika terjadi secara terus-menerus. Sebenarnya, apa penyebab mata berair?

  • Mata Kering

Produksi air mata cenderung berkurang seiring pertambahan usia, maka tak heran bila sindrom mata kering umumnya terjadi pada orang lanjut usia. Namun beberapa aktivitas sehari-hari juga dapat menyebabkan mata kering, seperti sering menggunakan komputer, gadget, terpapar AC dan polusi, serta penggunaan lensa kontak. Tak heran bila sekarang pun orang usia muda dapat menderita mata kering. Mengapa mata berair disebabkan oleh mata kering? Hal ini dikarenakan produksi air mata yang berkurang, sehingga otak merespon dengan memproduksi air mata secara berlebihan (mata berair) namun kualitas air mata yang diproduksi tidak baik.

  • Alergi

Reaksi terhadap alergen dapat menyebabkan mata menjadi merah dan iritasi, sehingga membuat produksi air mata lebih banyak. Penyebab paling umum dari gejala alergi mata adalah tungau pada debu dan bulu hewan peliharaan, serbuk bunga, dan lain-lain.

  • Infeksi

Salah satu gejala yang diakibatkan oleh infeksi mata adalah mata berair. Dalam kondisi ini jumlah air mata dapat bertambah akibat iritasi jaringan penghasil air mata dan area sekitarnya, maupun akibat sensasi adanya benda asing. Konjungtivitis (peradangan pada selaput mata) adalah penyakit yang sangat menular dan diketahui menyebabkan mata berair. Penyebabnya antara lain bakteri, jamur, dan, yang paling umum, virus. Memakai lensa kontak juga dapat meningkatkan risiko konjungtivitis.

  • Iritasi

Mata bisa menghasilkan air mata berlebih yang disebabkan oleh iritasi, seperti udara kering, cahaya terlalu terang, angin, asap rokok, bulu mata, atau paparan bahan kimia (semprotan aerosol, parfum, dan lain-lain).

Bagaimana caranya untuk mengetahui penyebab dari mata berair yang Anda alami? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya:

1 of 2

Jangan Sepelekan Mata Berair

Matafres-banner-690x150px

Bagaimana caranya untuk mengetahui penyebab dari mata berair yang Anda alami?

Jika mata Anda terasa kering dan tidak nyaman sebelum mulai berair, Anda mungkin mengalami sindrom mata kering. Sedangkan jika mata Anda gatal dan bengkak, kemungkinan alergi atau iritasilah penyebabnya.

Perawatan yang diberikan untuk kondisi mata berair tergantung dari penyebabnya. Bila penyebab mata berair akibat sindrom mata kering, maka bisa diatasi dengan obat tetes mata atau pelembap mata. Sementara itu, jika akibat infeksi sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat.

Untuk mencegah mata kering dan iritasi, terapkanlah kiat-kiat berikut ini:

  • Beristirahat Sejenak dari Komputer

Setiap 5-10 menit sekali, jauhkan pandangan dari layar komputer. Fokuslah pada satu objek yang terletak jauh dari Anda. Cara ini bisa membantu untuk menyesuaikan kembali fokus mata. Selain itu, cobalah mengedipkan mata lebih sering.

  • Memakai Sunglasses

Kenakan sunglasses yang dilengkapi dengan pelindung UV dan gunakan topi lebar ketika beraktivitas di luar, sehingga mata bisa terlindungi dari sinar matahari serta debu. Jangan lupa untuk mengenakan pelindung mata saat bekerja dengan zat-zat kimia.

  • Minum Air yang Cukup

Banyak yang melupakan kekuatan air putih untuk menjaga kesehatan mata, padahal minum air yang cukup sangat penting agar sistem tubuh berfungsi dengan baik. Jumlah yang disarankan adalah 8-10 gelas setiap hari, tergantung dari kebutuhan dan aktivitas harian.

  • Melakukan Pemeriksaan Secara Rutin

Jangan pernah menyepelekan kesehatan mata. Beberapa gangguan mata sama sekali tidak menimbulkan rasa sakit dan bisa terjadi secara perlahan sehingga sulit dideteksi pada tahap awal. Karena itu, pemeriksaan mata secara teratur sangat dianjurkan.

  • Gunakan Pelembab Mata

Di tengah aktivitas yang tpadat, luangkanlah waktu beberapa detik untuk meneteskan pelembap mata agar mata tetap sehat. Gunakan pelembap mata dalam bentuk tube yang bebas pengawet, sehingga aman digunakan sesering mungkin dan dalam jangka panjang sekalipun.

Lanjutkan Membaca ↓