Tips Atasi Alergi Pada Hidung

Oleh dr. Yadita Wira Pasra Sp. THTKL pada 11 Jun 2015, 08:14 WIB
Berikut ini tips mengatasi alergi pada hidung oleh dr. Yadita Wira Pasra, Sp.THT-KL.
Tips Atasi Alergi Pada Hidung

Afrin Semprot Hidung

KlikDokter.com – Alergi adalah reaksi berlebihan tubuh, terjadi akibat paparan terhadap zat pemicu alergi, yang disebut alergen. Alergi yang terjadi pada hidung biasanya dikenal dengan istilah rhinitis alergi, yang kerap diikuti oleh beberapa gejala, diantaranya adalah hidung tersumbat.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut beberapa kiat yang dapat Anda lakukan:

1. Hindari Alergen

Ini adalah tindakan paling mendasar. Hindarilah dahulu pencetus alergi Anda. Pengobatan tidak dapat sempurna dilakukan jika penghindaran  dari pemicu alergi dihindari terlebih dahulu.

Jika Anda belum mengetahui penyebab alergi, maka periksakanlah ke rumah sakit. Karena biasanya di rumah sakit besar sudah memiliki fasilitas tes alergi.

Selain itu, Anda juga diperlukan untuk lebih cermat pada benda-benda sekitar Anda. Jika terdapat benda yang mencurigakan sebagai pemicu alergi.

Berikut beberapa kiat lainnya untuk mengatasi alergi pada hdung di halaman selanjutnya.

1 of 2

Tips Atasi Alergi Pada Hidung

Afrin Semprot Hidung

2. Tingkatkan daya tubuh Anda

Jika Anda memiliki daya tahan tubuh yang baik, maka gejala alergi yang muncul akanlah lebih ringan. Lalu bagaimana caranya? Tidak sulit, cukup mulailah berolahraga rutin, penuhi asupan untuk kebutuhan gizi seimbang, kemudian cukupi kebutuhan waktu tidur Anda dengan baik.

3. Obat-obatan

Pemberian obat-obatan diresepkan oleh dokter. Pemberian resep ini berdasarkan pemeriksaan dan hasil diagnosa yang menyesuaikan berat ringannya gejala. Karena dengan resep dokter, maka sangat disarankan penggunaan obat ini dilakukan dengan pengawasan dari dokter.

Lalu bagaimana cara meringankan gejala hidung tersumbat akibat alergi? Anda dapat menggunakan obat semprot yang praktis, namun dengan catatan: Gunakanlah sesuai aturan di kemasan. 

Lanjutkan Membaca ↓