Gejala dan Penyebab Penyakit Mata Katarak

Oleh dr. Atika pada 07 Jul 2015, 10:54 WIB
Berikut ini hal-hal penting yang perlu Anda ketahui mengenai katarak. Selengkapnya di sini bersama dr. Atika.
Gejala dan Penyebab Penyakit Mata Katarak

KlikDokter.com - Katarak adalah penyakit pada mata yang sering dikaitkan dengan usia yang  sudah sangat lanjut. Meskipun begitu, berkaitan dengan perkembangan zaman dan meningkatnya penyakit-penyakit kronis, pada kondisi tertentu katarak bisa muncul lebih cepat.

Sesungguhnya, apa penyebab dari penyakit mata katarak? Bagaimana gejala-gejala yang dapat timbul?

Katarak merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya kekeruhan pada lensa mata. Normalnya, lensa mata adalah organ yang bening dan mampu meneruskan cahaya hingga seseorang dapat melihat dengan jelas. Saat terjadi kekeruhan, penglihatan akan berangsur-angsur menurun. Disebutkan bahwa hampir separuh (50%) orang-orang yang berusia 65-74 tahun telah mengalami katarak. Kejadian katarak meningkat sebanyak 70%  untuk orang-orang yang berusia lebih dari 75 tahun. Berikut adalah gejala-gejala dari katarak:

  1. Penglihatan seperti berawan
  2. ‘Penglihatan kedua’, yaitu perasaan seperti memperoleh perbaikan penglihatan untuk melihat dekat. Pasien tadinya merasa kesulitan untuk melihat dekat. Oleh karena kekeruhan lensa meningkatkan kekuatan fokus mata, terjadinya pergeseran dan pasien menjadi mampu melihat dekat.
  3. Silau
  4. Kadang memberikan gejala pandangan ganda (melihat suatu objek seperti dobel)

Lalu apa sajakah penyebab dari katarak? Halaman berikut penjelasan selengkapnya.

1 of 3

Gejala dan Penyebab Penyakit Mata Katarak

Berikut adalah penyebab dari katarak:

  1. Penuaan

Sudah sewajarnya setiap organ akan menua dan kehilangan fungsinya, begitu juga pada lensa mata. Penuaan adalah penyebab umum dari katarak.

  1. Riwayat trauma

Lensa mata yang pernah mengalami kerusakan saat muda (misalnya akibat masuknya serpihan material tajam ke mata, terbentur bola, kembang api) maka katarak akan muncul lebih cepat

  1. Menderita penyakit tertentu

Adanya riwayat menderita penyakit tertentu berkaitan dengan kejadian katarak di kemudian hari, seperti penyakit diabetes melitus (penyakit gula), hipokalsemia (kekurangan kalsium darah), dermatitis atopik (penyakit kulit alergi), dll.

  1. Mengonsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka waktu lama

Contohnya obat kortikosteroid (sering digunakan untuk obat anti-peradangan) dan amiodaron (obat untuk mengatur irama jantung). Penggunaan obat-obat tersebut berkaitan dengan kejadian katarak.

  1. Infeksi saat kehamilan

Katarak juga dapat diderita sejak lahir, yaitu pada katarak kongenital. Katarak dapat terjadi pada salah satu atau kedua mata anak. Penyebab utamanya terutama berkaitan dengan infeksi selama kehamilan, khususnya rubela.

  1. Merokok
  2. Toksin/ racun

Penglihatan yang buram akibat katarak yang sudah berat tentunya akan mengganggu aktivitas penderitanya. Keburaman penglihatan akan menurunkan produktivitas, menyebabkan seseorang kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari. Sayangnya, hingga saat ini belum ada obat-obatan yang mampu menghambat atau mengembalikan lensa mata yang mulai mengalami katarak. Satu-satunya cara untuk menyembuhkan mata yang sudah mengalami katarak adalah dengan jalan operasi penggantian lensa mata baru oleh Dokter Spesialis Mata.

Halaman berikut menjelaskan selengkapnya langkah penanganan katarak dengan operasi:

2 of 3

Gejala dan Penyebab Penyakit Mata Katarak

Gejala dan Penyebab Penyakit Mata Katarak

Bila menyebut operasi mata, tentunya yang terbayang adalah pisau-pisau bedah yang menyayat dan membuka mata secara besar-besaran. Hal tersebut tidak berlaku lagi saat ini. Dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, saat ini operasi katarak dapat berjalan sangat singkat (kurang dari 1 jam), sayatan hanya dibuat sangat kecil, dan pemulihan pasca operasi berlangsung dengan cepat sehingga pasien dapat kembali beraktivitas (kurang dari 3 hari).

Oleh sebab itu, bila Anda atau kerabat mengalami katarak, terutama bila penglihatannya telah sangat menurun, bawalah penderita ke dokter untuk dilakukan penanganan berupa operasi katarak. Pasca operasi, jangan lupa untuk menggunakan pelembap mata agar mata tetap nyaman. 

Lanjutkan Membaca ↓