Si Kecil Sering Bersin, Apakah Termasuk Ciri-ciri Alergi?

Oleh dr. Yadita Wira Pasra Sp. THTKL pada 15 Jul 2015, 11:57 WIB
Si Kecil Sering Bersin, Apakah Termasuk Ciri-ciri Alergi? Bersin-bersin merupakan salah satu gejala umum dari indikasi alergi. Tapi benarkah selalu demikian? Berikut penjelasan dr. Yadita Wira Pasra, Sp.THT-KL selengkapnya di sini.
Si Kecil Sering Bersin, Apakah Termasuk Ciri-ciri Alergi?

Afrin Semprot Hidung

KlikDokter.com - Bersin merupakan sebuah mekanisme pertahanan tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari dalam hidung. Hal baik yang dapat dilakukan mengingat banyak sekali partikel-partikel dalam udara bebas ini yang dapat masuk ke hidung dalam satu hembusan napas.

Bersin dapat terjadi akibat adanya pelepasan mediator inflamasi pada mukosa hidung akibat paparan maupun sensitisasi akibat iritan. Mekanisme terjadinya bersin terjadi akibat rangsangan pada saraf di hidung. Bersin merupakan gejala, bukan diagnosis penyakit. Gejala dapat ditimbulkan oleh mekanisme yang berbeda. Alergi maupun tidak alergi dapat terjadi bersin.

Anak maupun dewasa yang sering bersin sering di asumsikan sebagai alergi, namun ternyata tidak demikian adanya, bersin bukan selalu karena alergi. Bersin yang diakibatkan karena alergi dikenali apabila terjadi “sequence sneeze” , dalam 1 kali periode bersin bisa lebih dari lima kali “hatci”, disertai gejala hidung tersumbat, gatal dan berair setelah terkena paparan zat alergen tertentu (alergen: zat penyebab alergi), disertai adanya riwayat berulang dan tidak pada saat anak mengalami flu.

Klik ‘next’ untuk membaca lanjutan artikelnya.

1 of 2

Si Kecil Sering Bersin, Apakah Termasuk Ciri-ciri Alergi?

 

Afrin Semprot Hidung

Hal lain yang dapat menyebabkan bersin adalah debu (iritan), pada saat anak kontak dengan debu di mainan maupun buku-buku pelajarannya maka bersin dapat terjadi, dan bukan disebabkan karena alergi, apalagi ketika bersin hanya terjadi 1 atau dua kali.

Pada saat bangun tidur dan mandi air dingin pasti bersin-bersin, apakah anak saya alergi?

Belum tentu, harus ditelusuri lagi gejala lain yang timbul, walaupun kecenderungannya memang anak alergi lebih rentan untuk bereaksi terhadap suhu yang ekstrim atau dingin, akan tetapi tidak melalui paparan alergen maka bukan disebut alergi. Perubahan udara, temperatur, suhu, kelembaban, tekanan udara, atau bahan-bahan kimia dari obat-obat atau kosmetik tertentu dapat menyebabkan bersin.

Bersin berguna menjaga agar hidung tetap bersih (cleansing effect). Udara yang terhembus dengan tekanan tinggi dari paru-paru mendorong keluar melalui hidung dan mulut. Apabila bersin yang timbul sudah dirasakan mengganggu aktivitas fisik maupun keseharian dan mood anak jadi terganggu, maka bersin yang demikian perlu mendapatkan pengobatan.

Lanjutkan Membaca ↓