4 Tanda Kanker pada Wanita

Oleh dr. Jessica Florencia pada 27 Jul 2015, 11:07 WIB
Ketika seorang wanita terkena kanker, sedikitnya terdapat 4 gejala yang muncul. Cermati keempat gejala berikut ini, agar penanganan kanker dapat ditangani lebih dini.
4 Tanda Kanker pada Wanita

KlikDokter.com - Kanker adalah penyakit yang ditakuti baik oleh dunia medis maupun masyarakat awam. Untuk itu, perlawanan yang paling tepat saat ini adalah untuk melakukan deteksi dini dan menemukan kanker pada stadium yang paling awal. Untuk itu, terdapat beberapa tanda-tanda yang perlu diwaspadai setiap wanita agar segera diperiksakan.

  1. Perubahan pada Payudara

Tanda-tanda yang perlu diperhatikan adalah benjolan, lesung pipit  pada payudara, putting payudara yang tertarik ke dalam, adanya cairan dari putting payudara, dan kemerahan atau sisik pada payudara atau puting payudara. Keseluruhan tanda-tanda tersebut perlu diperiksakan lebih lanjut dengan mamografi atau pemeriksaan jaringan untuk memastikan apakah terdapat kanker payudara atau tidak.

Berikut ketiga tanda awal kanker pada wanita lainnya di halaman selanjutnya.

1 of 2

4 Tanda Kanker pada Wanita

  1. Rasa Kembung dan Panas di Dada

Rasa kembung dan panas di dada dapat menjadi pertanda adanya kanker ovarium (indung telur). Jika rasa kembung dan panas di dada dapat merupakan gejala dan tanda yang normal, namun jika tidak juga menghilang maka perlu diperiksakan lebih lanjut dengan pemeriksaan USG atau pemeriksaan rongga panggul.

  1. Perdarahan Vagina yang Tidak Biasa

Adanya perdarahan vagina di luar siklus menstruasi normal seorang  wanita perlu mendapatkan perhatian khusus karena dapat merupakan tanda kanker rahim. Perdarahan setelah melakukan hubungan seksual dapat menjadi pertanda kanker leher rahim (serviks). Selain itu, perdarahan setelah menopause juga harus mendapatkan perhatian khusus.

  1. Penurunan Berat Badan

Semua wanita menyambut penurunan berat badan dengan gembira. Namun, jika terjadi penurunan berat badan saat seseorang tidak melakukan diet atau olahraga, hal ini perlu menjadi perhatian. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan dapat disebabkan karena stres, penyakit tiroid, atau kanker lainnya.

Selain 4 gejala di atas, beberapa gejala lainnya seperti kelelahan berlebihan dan rasa nyeri yang tidak dapat dijelaskan. Untuk mengantisipasi tanda dan gejala yang mencurigakan, sangatlah dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin (medical check up) pling tidak 1 kali dalam 1 tahun. Mari peduli dengan kesehatan kita, jika bukan kita sendiri yang peduli kesehatan kita, siapa lagi?

Lanjutkan Membaca ↓