Ketika Hidung Kemasukan Benda Asing

Oleh dr. Yadita Wira Pasra Sp. THTKL pada 29 Sep 2015, 12:45 WIB
Benda asing dapat kapan saja masuk ke dalam hidung dan membuahkan risiko kesehatan. Sebut di antaranya seperti serangga, mainan, kacang dan benda lainnya. Apa yang harus dilakukan? Berikut penjelasannya
Ketika Hidung Kemasukan Benda Asing

Afrin Semprot Hidung

KlikDokter.com - Masuknya benda asing pada hidung dapat terjadi pada semua usia. Benda asing pada hidung dapat berupa benda mati maupun benda hidup. Contoh benda mati seperti  seperti kacang, manik-manik, koin, kapur, sobekan kertas, mainan kecil dan lainnya. Contoh benda hidup seperti serangga yang masuk ke dalam hidung dari mulai semut, lalat dan lintah. Jika benda mati biasanya terjadi pada anak anak usia 1-8 tahun, namun jika benda hidup seperti serangga dapat terjadi di segala usia.. 

Gejala apa yang timbul jika ada benda asing dalam hidung?
Gejala utamanya adalah keluarnya cairan hidung yang berbau busuk, biasanya hanya pada satu sisi hidung yang terdapat benda asingnya. Gejala lainnya berupa sulit bernapas, hidung tersumbat, nyeri pada hidung,, sakit kepala, mimisan dan juga demam.

Apa yang terjadi jika benda asing masuk ke dalam hidung?
Beberapa benda asing dapat menyebabkan pembengkakan pada lapisan mukosa hidung, mimisan, erosi pada mukosa hidung bahkan jika mengeras dapat menjadi jaringan granulasi. Ada juga yang dapat merusak septum nasi karena benda asing yang masuk bersifat korosif seperti logam berat (baterai).

Apa yang sebaiknya dilakukan jika ada benda asing dalam hidung? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya.

1 of 2

Ketika Hidung Kemasukan Benda Asing

Apa yang sebaiknya dilakukan jika ada benda asing dalam hidung?

Jangan coba-coba untuk mengambil benda asing dalam hidung karena akan menyebabkan benda asing semakin terdorong ke belakang rongga hidung. Bawalah segera ke dokter THT untuk dilakukan tindakan segera. Dokter THT  akan melakukan pemeriksaan fisik pada organ hidung. Tidak menutup kemungkinan bisa dilakukan pemeriksaan x-ray dan nasoendoskopi jika benda asing susah terlihat. 

Komplikasi apa yang terjadi jika benda asing tidak diambil?
Hal yang paling berat adalah bisa terjadi aspirasi yang mana ini dapat membahayakan karena dapat masuk ke jalan napas sehingga dapat menyebabkan gagal napas. Komplikasi lainnya bisa berupa perdarahan dan infeksi.

 

Lanjutkan Membaca ↓