Mengenal Karang Gigi

Oleh Klikdokter pada 05 Okt 2015, 17:09 WIB
Samakah plak dengan karang gigi? Bagaimana karang gigi terbentuk? Bagaimana cara membersihkan karang gigi?
Mengenal Karang Gigi

Karang gigi merupakan masalah kebersihan dan kesehatan gigi dan rongga mulut pada sebagian besar orang. Pengetahuan dan kepedulian yang kurang menyebabkan karang gigi terbentuk pada gigi Anda dan kemudian menyebabkan timbulnya masalah dalam rongga mulut.

Samakah antara plak dan karang gigi ?

Banyak yang salah dalam membedakan antara plak dan karang gigi atau malah pada sebagian orang menganggap plak dan karang gigi adalah sama.  Plak adalah lapisan tipis pada permukaan gigi yang bercampur dengan sisa makanan yang kita makan dan juga bakteri. Plak melekat tidak hanya pada permukaan gigi tetapi juga dapat pada permukaan tambalan.

Plak yang dibiarkan atau luput ketika Anda menyikat gigi sehingga tetap berada pada permukaan gigi maka kemudian akan mengeras menjadi karang gigi.

Bagaimanakah cara mencegah terbentuknya karang gigi? Berikut pencegahannya selengkapnya pada halaman berikutnya:

1 of 2

Mengenal Karang Gigi

 

Menjaga kebersihan gigi merupakan cara utama dalam mencegah pembentukan karang gigi. Agar kebersihan gigi dan rongga mulut dapat optimal berikut cara yang dapat Anda lakukan.

  • Menyikat gigi 2 kali sehari. Dalam melakukanya ada hal-hal yang sangat penting yang perlu Anda perhatikan adalah gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut dan dengan kepala yang sesuai rongga mulut Anda, pakailah pasta gigi yang mengandung fluoride, gunakan gerakan menyikat yang benar dan sesuai petunjuk dokter gigi Anda, yang terakhir sikatlah gigi dengan waktu yang cukup yaitu 2-3 menit.
  • Bersihkan sela gigi dengan menggunakan benang gigi atau dental floss. Hal ini perlu dilakukan karena plak juga dapat terbentuk pada bagian ini dan hanya dengan menyikat gigi bagian sela gigi ini sulit dijangkau.
  • Anda juga dapat menyikat gigi lebih dari 2 kali pada setelah makan selama hal ini dilakukan dengan benar dan juga mengkonsumi banyak air putih pada saat makan atau setelah makan.

Bagaimanakah cara membersihkan karang gigi ?

Karang gigi hanya bisa dihilangkan dengan menggunakan alat khusus yang aplikasinya hanya dapat dilakukan dengan bantuan dokter gigi. Pembersihan karang gigi yang dilakukan oleh dokter gigi ini dapat dilakukan dengan alat manual atau mesin.

Lanjutkan Membaca ↓