Mau Kolesterol Turun? Gosok Gigi yang Benar!

Oleh Klikdokter pada 05 Okt 2015, 17:27 WIB
Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang kolesterol, namun masih banyak orang yang salah kaprah mengenainya.
Mau Kolesterol Turun? Gosok Gigi yang Benar!

Kolesterol, bersama-sama dengan trigliserida, merupakan dua lemak utama dalam darah. Lemak (disebut juga lipid) adalah zat kaya energi yang sangat dibutuhkan dalam metabolisme tubuh. Agar dapat diangkut dalam sirkulasi darah dan didistribusikan ke jaringan tubuh, lemak mengikat dirinya dengan protein; ini disebut sebagai lipoprotein. High density lipoprotein/HDL dan low density lipoprotein/LDL adalah lipoprotein yang berperan penting dalam pendistribusian kolesterol.

HDL, yang sering disebut “kolesterol baik”, berfungsi mengangkut kolesterol dari jaringan kembali ke hati untuk proses metabolisme. Sementara LDL sering disebut “kolesterol jahat” karena berfungsi membawa kolesterol ke sel yang mengandung reseptor LDL, dan dapat menumpuk jika kadar kolesterol melebihi jumlah yang dibutuhkan.

Apa Itu Hiperlipidemia? Penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya.

1 of 2

Mau Kolesterol Turun? Gosok Gigi yang Benar!

Hiperlipidemia adalah kondisi kadar lipid dalam darah melebihi normal, dengan ciri khas peningkatan kadar kolesterol total, trigliserida, dan LDL dalam darah, serta penurunan konsentrasi HDL. Kondisi ini dapat disebabkan oleh faktor herediter atau penyakit keturunan. Selain diturunkan, penyakit ini juga dapat disebabkan akibat konsumsi alkohol berlebihan, diabetes tidak terkontrol, dan pada penderita obesitas.

Hiperlipidemia merupakan faktor risiko yang kuat untuk terjadinya penyakit kardiovaskular. Penumpukan lemak dapat menyumbat pembuluh darah dan menjadi penyebab utama kematian mendadak pada negara-negara maju dan berkembang.

Lalu Apa Hubungannya Kolesterol dengan Gosok Gigi?

Telah diketahui secara luas bahwa salah satu cara pencegahannya adalah memperbaiki gaya hidup dan pola makan. Namun ternyata, kondisi hiperlipidemia ini juga berhubungan timbal balik dengan kesehatan gigi dan mulut, dan perawatan gigi dapat berpengaruh positif terhadap metabolisme lemak, demikian juga sebaliknya, pengendalian kadar lemak dapat meningkatkan kesehatan jaringan pendukung gigi.

Suatu penelitian yang melibatkan 30 penderita hiperlipidemia dan juga menderita periodontitis kronis (penyakit pada jaringan pendukung gigi) dilakukan untuk melihat pengaruh perawatan gigi terhadap kadar lipid. Pasien diberikan instruksi cara menjaga kebersihan gigi serta menjalani pembersihan karang gigi. Setelah 3 bulan, setiap pasien kembali menjalani pemeriksaan gigi dan pemeriksaan darah.

Dari hasilnya terungkap bahwa pasien yang memperbaiki kebersihan gigi dan mulutnya serta menjalani pembersihan karang gigi menunjukkan peningkatan kesehatan jaringan pendukung gigi, dan juga menunjukkan kadar LDL yang menurun secara signifikan.

Meski perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan jumlah subyek penelitian yang lebih banyak, dari penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa selain konsumsi obat dan perbaikan gaya hidup, peningkatan kebersihan gigi dan mulut serta pembersihan karang gigi secara rutin dibutuhkan untuk membantu mengontrol hiperlipidemia.

Lanjutkan Membaca ↓