Belekan Berlebihan? Hati-hati Tanda Penyakit Mata!

Oleh dr. Atika pada 02 Nov 2015, 16:51 WIB
Belekan sebetulnya wajar. Tapi Anda harus mulai waspada jika mulai dirasa berlebihan dialami. Berikut penjelasan dr. Atika selengkapnya di sini.
Belekan Berlebihan? Hati-hati Tanda Penyakit Mata!

KlikDokter.com - Belekan, sebutan lain untuk kotoran mata, adalah hasil sekresi dari kelenjar air mata yang terakumulasi selama seseorang tertidur, dan bercampur dengan debu/ kotoran. Belekan umum ditemukan pada sudut dalam mata, saat seseorang bangun dari tidur. Semakin banyak jumlah debu/ kotoran yang terdapat pada mata seseorang, maka jumlah belekan juga relatif bertambah.

Belekan dapat berkonsistensi basah dan lengket, namun bisa juga kering, tergantung atas seberapa banyak air mata pada kotoran tersebut telah terevaporasi. Sejauh jumlahnya tidak berlebihan, belekan bukan merupakan suatu kelainan atau kondisi gangguan kesehatan. Namun, ada kalanya jumlah kotoran mata sangat banyak hingga memenuhi bulu-bulu mata, terkadang sampai menyebabkan mata lengket dan sulit dibuka.

Dalam kondisi belekan berlebihan seperti ini, waspadai kondisi tersebut sebagai bentuk-bentuk penyakit berikut:

  1. Blefaritis.

Blefaritis adalah peradangan pada kelopak mata yang dapat disebabkan oleh infeksi dari bakteri stafilokokus. Gejala umum yang terjadi pada blefaritis adalah iritasi mata, benda asing di mata, belekan berlebihan, kelopak mata gatal, merah dan bengkak, dsb. Kelopak mata dapat kotor dan terdapat kotoran mata. Kotoran ini dapat menyebabkan kelopak mata lengket dan menempel pada saat malam hari. Blefaritis terjadi utamanya akibat infeksi kuman, maka penjagaan higien adalah cara pencegahan yang utama.

  1. Konjungtivitis.

Konjungtivitis adalah kondisi terjadinya peradangan pada salah satu bagian mata yang disebut konjungtiva. Saat terjadi konjungtivitis, dapat muncul gejala mata merah, berair, gatal, banyak kotoran mata, silau dan perih. Konjungtivitis yang disebabkan oleh virus merupakan penyebab yang tersering ditemukan. Adapun konjungtivitis yang disebabkan oleh infeksi virus merupakan penyakit yang mudah sekali menular. Pencegahan dari penyakit ini adalah dengan sering mencuci tangan bila terdapat penderita konjungtivitis disekitar Anda.

  1. Keratitis.

Keratitis adalah kondisi terjadinya peradangan pada kornea mata. Karena dekatnya kornea dengan area terluar mata, seringkali penyakit ini juga disertai banyaknya kotoran pada mata. Gejala pada keratitis cukup mirip dengan konjungtivitis, namun umumnya terjadi pandangan kabur pada keratitis, yang tidak ditemukan pada konjungtivitis.

Tiga penyakit di atas adalah contoh penyakit yang memiliki manifestasi berupa munculnya belekan berlebihan. Dalam tiga kondisi diatas, segera periksakan pada dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Bila terdapat banyak kotoran mata yang menyulitkan Anda untuk membuka mata, Anda bisa menyekanya dengan kapas lembut yang dibasahi air bersih. Cuci tangan Anda menggunakan sabun dan air mengalir sebelum membersihkan kotoran berlebihan ini.