Kenali Tipe-Tipe Kecerdasan Anak

Oleh dr. Kartika Mayasari pada 02 Nov 2015, 21:36 WIB
Pernahkah Anda mendengar istilah multiple intelligences? Jika belum, baca penjelasan lengkapnya di sini.
Kenali Tipe-Tipe Kecerdasan Anak

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

KlikDokter.com - Kecerdasan anak tak hanya diukur melalui ukuran IQ (Intelligence Quotient). Setiap anak memiliki kecerdasan yang majemuk, yakni kecerdasan intelektual (IQ) maupun kecerdasan emosional (Emotional Quotient/EQ).

Menurut Howard Gardner, seorang profesor pendidik dan peneliti dari Harvard University, ada sembilan aspek kecerdasan seorang anak. Istilah yang sering kita dengar adalah multiple intelligences.

Apa sajakah kecerdasan yang terdiri dari sembilan kriteria kecerdasan majemuk tersebut?

  1. Kecerdasan Linguistik (Word Smart)

Kecerdasan linguistik adalah kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif, baik untuk mempengaruhi maupun memanipulasi. Dalam kehidupan sehari-hari kecerdasan linguistik bermanfaat untuk berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis. Pekerjaan yang mengutamakan kecerdasan ini antara lain guru, bintang film, presenter TV, pengacara, penulis, dsb.

  1. Kecerdasan Logis-Matematis (Number Smart)

Kecerdasan logis-matematis melibatkan keterampilan mengolah angka dan atau kemahiran menggunakan logika atau akal sehat. Dalam kehidupan sehari-hari kecerdasan ini bermanfaat untuk menganalisa laporan keuangan, memahami perhitungan utang nasional, atau mencerna laporan sebuah penelitian. Pekerjaan yang membutuhkan kecerdasan ini antara lain akuntan pajak, programmer, ahli matematika, ilmuwan, dsb.

  1. Kecerdasan Spasial (Picture Smart)

Kecerdasan spasial melibatkan kemampuan seseorang untuk memvisualisasikan gambar di dalam kepala (dibayangkan) atau menciptakannya dalam bentuk dua atau tiga dimensi. Kita membutuhkan kecerdasan ini dalam hidup sehari-hari juga, misalnya saat menghias rumah atau merancang taman, menggambar atau melukis, menikmati karya seni, dsb. Pekerjaan yang mengutamakan kecerdasan spasial antara lain arsitek, pematung, penemu, desainer, dsb.

  1. Kecerdasan Kinestetik-Jasmani (Body Smart)

Kecerdasan kinestetik-jasmani adalah kecerdasan seluruh tubuh dan juga kecerdasan tangan. Dalam dunia sehari-hari kita sangat memerlukan kecerdasan yang satu ini, misalnya membuka tutup botol, memasang lampu di rumah, memperbaiki mobil, olah raga, dansa, dsb. Jenis pekerjaan yang menuntut kecerdasan ini antara lain atlet, penari, pemain pantomim, aktor, penjahit, ahli bedah, dsb.

  1. Kecerdasan Musikal (Music Smart)

Kecerdasan musikal melibatkan kemampuan menyanyikan lagu, mengingat melodi musik, mempunyai kepekaan akan irama, atau sekedar menikmati musik. Dalam keseharian, kita mendapat manfaat dari kecerdasan ini dalam banyak hal, misalnya saat kita menyanyi, memainkan alat musik, menikmati musik di TV, dsb. Pekerjaan yang membutuhkan kecerdasan ini antara lain penyanyi, pianis, teknisi suara, dll.

  1. Kecerdasan Antarpribadi (People Smart)

Kecerdasan antarpribadi melibatkan kemampuan untuk memahami dan bekerja dengan orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk pribadi, keluarga, dan pekerjaan, kecerdasan ini dinilai mutlak diperlukan dan sering kali disebut sebagai "yang lebih penting" dari kecerdasan lainnya untuk dapat sukses dalam hidup. Kecerdasan antarpribadi ini melibatkan banyak hal, misalnya kemampuan berempati, kemampuan memanipulasi, kemampuan "membaca orang", kemampuan berteman, dsb. Segala jenis pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain pastilah membutuhkan kecerdasan ini, terutama figur publik, pemimpin, guru, konselor, dll.

  1. Kecerdasan Intrapribadi (Self Smart)

Kecerdasan intrapribadi adalah kecerdasan untuk memahami diri sendiri, untuk mengetahui “siapa diri saya sebenarnya”, untuk mengetahui “apa kekuatan dan kelemahan saya”. Ini juga merupakan kecerdasan untuk bisa merenungkan tujuan hidup sendiri dan mempercayai diri sendiri. Pekerjaan yang menuntut kecerdasan intrapribadi antara lain wirausaha, konselor, terapis, dll.