Kecerdasan Anak Diturunkan oleh Ibu?

Oleh dr. Kartika Mayasari pada 02 Nov 2015, 21:39 WIB
Peran seorang ibu sangatlah besar terhadap tumbuh kembang anak, bahkan dikatakan bahwa kecerdasan anak juga berasal dari ibu. Benarkah demikian?
Kecerdasan Anak Diturunkan oleh Ibu?

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

KlikDokter.com – Kecerdasan seorang anak dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal (genetika) dan faktor eksternal (lingkungan, nutrisi, stimulasi, aktivitas fisik, dan upaya penjagaan kesehatan). Meski demikian, beberapa penelitian menyebutkan bahwa kecerdasan seorang anak terkait dengan kromosom X yang berasal dari ibu.

Mungkin pernyataan itu terdengar sedikit tidak adil di telinga laki-laki, karena memang pada dasarnya seorang anak terlahir dari proses fertilisasi—pertemuan antara sperma dan ovum. Namun, persentase peran ovum diteliti memang lebih besar dibandingkan sperma, terutama di dalam aktivitas pembelahan sel selanjutnya. Dari sinilah awal peran seorang ibu dalam menentukan kecerdasan anak, yakni melalui mitokondria.

Mitokondria adalah salah satu bagian sel yang memiliki DNA sendiri. Mitokondria hanya diwariskan oleh sel telur bukan dari sel sperma. Itulah sebabnya investasi seorang ibu dalam diri anak bisa mencapai 75 persen.

Jadi, tidak dimungkiri bahwa kecerdasan pada anak diturunkan dari gen seorang ibu. Tetapi bukan kecerdasan saja yang bisa diturunkan, hal-hal negatif seperti retardasi mental pun dapat diturunkan dari ibu.