5 Cara Melatih Anak Agar Percaya Diri

Oleh dr. Kartika Mayasari pada 02 Nov 2015, 21:47 WIB
Rasa percaya diri memegang peranan penting dalam kehidupan anak, apalagi jika ia sudah memasuki usia sekolah. Tanpa rasa percaya diri, anak akan mengalami banyak hambatan dalam belajar.
5 Cara Melatih Anak Agar Percaya Diri

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

KlikDokter.com – Setiap orangtua menginginkan anak mereka untuk menjadi cerdas, penuh empati, percaya diri, serta unggul dalam bidang yang mereka geluti. Di antara sifat-sifat yang diinginkan ini, rasa percaya diri anak menjadi salah satu fondasi yang paling penting untuk mewujudkannya.

Anak-anak yang percaya diri akan merasa nyaman dengan diri mereka sendiri dan menunjukkan sikap “Aku bisa”. Sebaliknya, mereka yang kurang memiliki rasa percaya diri akan selalu merasa “Aku tidak bisa” atau “Aku tidak cukup baik”.

Bagaimana cara mendidik anak agar ia memiliki kepercayaan diri yang baik?

  • Berikan anak kepercayaan

Hal paling mendasar untuk membangun rasa percaya diri anak adalah Anda harus memberikan kepercayaan padanya, supaya ia pun yakin akan kemampuan dirinya sendiri.

  • Ekspresikan empati

Apabila anak Anda merasa rendah diri pada satu waktu, ceritakan padanya tentang saat-saat Anda mengatasi rasa malu Anda sendiri. Hal ini akan membuatnya berpikir bahwa ia tidak sendirian.

  • Bantu anak menemukan bakatnya

Prestasi dapat membuat anak lebih percaya diri. Cari tahu bakat dan hobi anak, kemudian dukunglah ia dalam mengembangkan bakatnya tersebut.

  • Ajak anak membaur

Libatkan anak lebih sering dalam kegiatan yang ada di lingkungan sekitar. Dengan demikian ia dapat belajar untuk berinteraksi dengan banyak orang.

  • Libatkan anak dalam pengambilan keputusan

Dalam hal-hal tertentu, melibatkan anak untuk membuat keputusan sendiri patut Anda coba. Misalnya, baju apa yang harus ia pakai dalam acara perpisahan sekolah atau kado apa yang akan ia berikan kepada temannya.