Mengatasi Gigi Sensitif dengan Laser

Oleh Klikdokter pada 07 Des 2015, 11:37 WIB
Mengatasi gigi sensitif kini bisa dengan laser. Seperti apakah tindakan laser yang dimaksud untuk mengatasi gigi sensitif?
Mengatasi Gigi Sensitif dengan Laser

Selama bertahun-tahun, laser telah digunakan secara luas di bidang kedokteran gigi. Terlebih lagi pada era seperti sekarang, kemajuan teknologi yang begitu pesat dan pasien menuntut segalanya serba cepat. Dan penggunaan laser pun telah menjadi pilihan untuk mengatasi gigi sensitif.

Penggunaan laser untuk mengatasi gigi sensitif memiliki kelebihan yaitu memakan waktu yang jauh lebih singkat dan relatif tidak menyakitkan. Beberapa tahun yang lalu, para peneliti telah mulai mencoba menggunakan laser dalam mengatasi gigi sensitif.

Gigi sensitif—disebut juga dentine hypersensitivity (DH) disebabkan karena terpaparnya lapisan dalam gigi yaitu dentin pada lingkungan mulut. Hal ini umumnya terjadi akibat terkikisnya permukaan luar gigi yaitu email karena cara menyikat gigi yang salah, atau gigi yang aus akibat sering terpapar asam. Dentin merupakan lapisan berongga yang berisi cairan yang dapat bergerak sebagai respon dari adanya rangsangan tertentu, misalnya rangsangan kimia atau termal. Pergerakan ini akan mengaktivasi ujung saraf gigi yang terdapat bagian dalam lapisan dentin, dan hal inilah yang menimbulkan sensasi ngilu.

Terdapat teori yang mengemukakan bahwa radiasi laser pada perawatan DH ditujukan untuk menutup rongga pada lapisan dentin, sehingga cairan dalam dentin tidak lagi bergerak dan dengan demikian transmisi saraf terhenti. Akibatnya rasa ngilu dapat diredam bahkan dihilangkan. Dengan demikian, laser telah menjadi solusi terbaru untuk mengatasi gigi sensitif.

Laser yang biasa digunakan di bidang kedokteran gigi bermacam-macam, di antaranya laser berdaya tinggi seperti CO2, Nd:YAG, Er:YAG, dan yang baru-baru ini diperkenalkan yaitu Er,Cr:YSGG. Dalam suatu penelitian, radiasi laser Er,Cr:YSGG 0.25W terbukti secara klinis cukup efektif dalam menurunkan sensitivitas gigi, begitu juga setelah kontrol 3 bulan kemudian.

Solusi, Tetapi Mahal

Meski terbukti efektif, penggunaan laser dalam mengatasi gigi sensitif belum banyak digunakan di Indonesia. Hal ini dapat dikaitkan dengan biaya perawatan yang relatif lebih mahal dibandingkan perawatan konvensional, dan membutuhkan keahlian yang lebih tinggi.

Adakah Cara Mengatasi Gigi Sensitif dengan Harga Terjangkau?

Pada kasus ringan, gigi sensitif dapat dirawat dengan metode yang lebih konvensional seperti penggunaan pasta gigi yang mengandung garam potassium seperti potassium citrate yang cara kerjanya juga untuk mengurangi sensitivitas dentin. Dan tentu saja, keberhasilan mengatasi gigi sensitif juga sangat ditentukan oleh kebiasaan pasien dalam menjaga kebersihan mulut serta cara menyikat gigi.