5 Pantangan Jika Ingin Memutihkan Gigi

Oleh Klikdokter pada 07 Des 2015, 11:46 WIB
Bagi Anda yang ingin memutihkan gigi, cermatilah 5 hal berikut ini yang merupakan penyebab utama gigi berubah warna. Berikut selengkapnya
5 Pantangan Jika Ingin Memutihkan Gigi

Gigi putih merupakan dambaan banyak orang, dimana gigi putih tersebut dapat membuat seseorang tampak menarik. Dari segi estetik gigi yang putih akan sangat mendukung nilai positif dari penampilan dan kondisi itu juga mengesankan bahwa gigi sehat serta kuat. Tentunya, hal ini menjadikan tak sedikit yang mencari cara untuk memutihkan gigi.

Demikiannya perubahan warna pada gigi akan sangat mengganggu, terlebih lagi jika perubahan warna yang terjadi cukup ekstrim sehingga gigi tidak lagi putih dan berwarna gelap. Untuk mengatasinya diperlukan bantuan tenaga profesional seperti dokter gigi atau dapat juga melakukan memutihkan gigi sendiri di rumah dalam bawah pengawasan dokter gigi.

Gigi yang berwarna kuning, kecoklatan atau berwarna abu-abu bisa terjadi disebabkan oleh karena dua faktor, yaitu penyebab yang berasal dari dalam tubuh dan dari lingkungan.

  • Tembakau
    Jika Anda ingin , hindarilah tembakau. Perubahan warna yang disebabkan oleh kebiasaan menggunakan produk tembakau seperti rokok pada gigi adalah kuning kecoklatan sampai kehitaman. Tar dan nikotin adalah dua senyawa dalam rokok yang menyebabkan timbulnya noda.
  • Obat-obatan
    Beberapa obat-obatan juga perlu dihindari bagi Anda yang ingin . Antibiotik jenis tetrasiklin akan menyebabkan gigi berubah warna menjadi kuning kecoklatan atau abu-abu kehitaman bila dikonsumsi oleh ibu hamil (berdampak padi gigi janinnya) dan juga anak-anak sebelum usia 8 tahun. Selain itu antibiotik jenis doxycycline juga menyebabkan perubahan warna gigi. Gigi dapat mengalami perubahan warna juga akibat penggunaan obat-obatan untuk tekanan darah tinggi dan antihistamin.
  • Minuman
    Beberapa minuman juga perlu dicermati bagi Anda yang hendak . Teh dan kopi yang merupakan minuman kegemaran masyarakat kita merupakan minuman yang meninggalkan noda pada permukaan gigi sehingga warna gigi tidak lagi putih.
  • Usia
    Seiring dengan berjalannya usia, gigi akan mulai berwarna kekuningan, dimana hal ini disebabkan oleh menipisnya permukaan gigi sehingga bagian yang lebih dalam (dentin) yang berwarna kuning akan berbayang dan menyebabkan gigi berwarna kekuningan.
  • Trauma atau Cedera
    Salah satu kiat adalah hindarilah benturan. Benturan yang mengenai gigi dapat merubah warna gigi baik pada orang dewasa maupun pada anak sebagai reaksi atas benturan yang terjadi.