Akibat Jarang Sikat Gigi: Kanker Mulut!

Oleh Klikdokter pada 07 Des 2015, 12:55 WIB
Hati-hati! Bagi Anda yang kurang memperhatikan kebersihan gigi dan mulut, bisa-bisa terkena kanker mulut. Berikut info selengkapnya
Akibat Jarang Sikat Gigi: Kanker Mulut!

Suatu penelitian yang belum lama ini dipublikasikan menyatakan bahwa orang dengan kebersihan gigi dan mulut yang buruk lebih berisiko untuk mengalami infeksi virus yang dapat menyebabkan kanker mulut, terutama orang yang aktif secara seksual dan rentan terhadap Penyakit Menular Seksual. Virus tersebut adalah HPV (Human Papilloma Virus), yang ditemukan pada rongga mulut serta organ genital manusia.

Infeksi oral HPV merupakan penyebab dari 40-80% kasus kanker mulut (orofaring). Sebelumnya, penelitian mengenai hubungan antara oral HPV dan kejadian kasus kanker mulut dan leher lebih banyak memfokuskan kepada faktor predisposisi seperti gender, kebiasaan merokok, dan perilaku seksual. Laki-laki dan perokok berat dikatakan memiliki risiko jauh lebih besar terkena kanker mulut daripada perempuan dan non perokok. Selain itu, orang yang lebih dini memulai aktivitas seksualnya serta memiliki pasangan lebih dari satu juga berisiko tinggi terkena infeksi HPV.

Studi yang dilakukan oleh peneliti dari Amerika menyimpulkan adanya kaitan yang erat antara kebersihan gigi dan mulut yang buruk dengan risiko terinfeksi oral HPV sebagai pencetus kanker mulut. Studi ini melibatkan lebih dari 3000 responden dewasa. Meski demikian, mekanismenya masih belum jelas dan memerlukan penelitian lebih lanjut.

Umumnya infeksi HPV dapat disembuhkan sendiri oleh sistem imun tubuh. Namun pada kondisi tertentu virus ini tetap bertahan dan dapat menyebabkan kanker mulut, jinak maupun ganas, seperti kanker orofaring dan kanker serviks. Meski mekanisme pastinya masih perlu diteliti, tidak ada salahnya untuk lebih memperhatikan kebersihan gigi dan mulut untuk menghindari kanker mulut tersebut, karena gusi yang tidak sehat dapat menjadi “jalan masuk” bagi virus ini.