Memilih Tas Ransel yang Tepat untuk Anak

Oleh dr. Kartika Mayasari pada 08 Des 2015, 11:34 WIB
Salah membeli tas ransel untuk anak, maka postur tubuh anak dapat terkena dampaknya. Jadi, apa yang harus diperhatikan sebelum membeli tas ransel untuk anak?
Memilih Tas Ransel yang Tepat untuk Anak

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

KlikDokter.com - Setiap orangtua yang sudah memiliki anak usia sekolah pasti tidak akan asing dengan membeli berbagai peralatan sekolah. Buku tulis, alat tulis, sepatu, serta yang tak kalah penting yaitu tas. Tas merupakan benda yang sangat dibutuhkan dalam perlengkapan sekolah. Dengan tas, anak-anak dapat menyimpan peralatan sekolah, juga bekal yang dibawa dari rumah.

Jika Anda baru pertama kali dalam memilih segala perlengkapan sekolah anak, dalam hal ini adalah tas, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum membeli tas. Membeli sebuah tas saja memang kesannya mudah dan tidak perlu repot. Tetapi sebenarnya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan demi kebaikan anak Anda.

Salah membeli tas ransel untuk anak, maka postur tubuh anak Anda dapat terkena dampaknya. Punggung, leher, dan bahunya bisa nyeri dikarenakan salah membawa tas. Tas yang berat bisa menyebabkan tubuh anak maju ke depan, dan hal ini dapat meregangkan otot-otot pada leher, bahu, dan punggung. Tas yang terlalu rendah juga dapat menyebabkan punggung bawahnya melengkung berlebihan.

Berikut adalah kiat dalam memilih tas ransel untuk anak Anda:

Jenis tas

Langkah pertama adalah dengan memilih jenis tas mana yang akan dipakai oleh anak Anda. Tas selempang, tas punggung, ataukah tas ransel? Sebagai saran, jika beban yang dibawa anak Anda ke sekolah cukup banyak, lebih baik Anda memilih tas berjenis ransel. Hal ini agar beban pada pundak kiri dan kanan seimbang. Jika memakai tas selempang maka beban anak hanya bertumpu pada salah satu pundak mereka, dan hal itu dapat menyebabkan sakit pada salah satu bagian pundak.

Bahan tas

Langkah kedua yang dapat dilakukan dalam memilih tas ransel untuk anak adalah dengan cara memilih bahan tas. Jangan memilih bahan yang terlalu tebal karena akan menambah beban anak Anda. Tapi jangan juga memilih bahan yang terlalu tipis karena bahan yang tipis tidak bisa mengatur beban secara merata.

Tali bahu

Dalam memilih tas ransel untuk anak, sebaiknya tidak luput untuk mencermati tali bahunya. Pilih tali bahu yang lebar, empuk dan berkontur. Tujuannya adalah untuk membantu mendistribusikan berat pada wilayah yang luas dari bahu. Selain itu, jangkar atau pengikat tali bahu harus satu sampai dua inci di bawah bagian atas bahu.

Selain hal-hal di atas, Anda juga perlu menyeleksi barang yang akan dibawa anak ke sekolah. Hal ini dikarenakan semakin banyak barang yang akan dibawa oleh anak, maka semakin berat pula beban pada punggung anak Anda. American Occupational Therapy Association (AOTA) menyatakan bahwa bobot ransel yang berat dapat menyebabkan nyeri punggung bagian bawah pada anak, dan hal tersebut akan berlangsung sampai dewasa.

Mereka juga merekomendasikan berat isi yang ada dalam ransel tidak boleh melebihi 10 persen dari berat badan anak Anda. Memilih tas ransel dengan baik dapat membantu mendistribusikan berat tas ransel dan isinya secara merata.

Pilih juga tas ransel dengan roda di bawahnya, terutama jika anak Anda diharuskan untuk membawa barang-barang berat – yang akan menambah bobot pada tas ransel anak Anda.

Namun, tas ransel dengan roda cenderung lebih berat karena dilengkapi dengan bingkai yang melengkapinya. Roda troli berguna hanya bila anak Anda menggunakan elevator di sekolahnya. Memakai tas beroda melalui tangga hanya akan memperpendek usia tas.

Seorang anak yang membawa tas troli yang berat melewati tangga akan menyakiti tulang belakang mereka dan bahu. Beberapa anak akan membungkuk ke samping untuk menarik troli atau mereka berpaling ke samping tubuh mereka karena menarik troli. Semua ini dapat menambah stres pada tubuh.