5 Kiat Olahraga di Saat Anda Sibuk

Oleh dr. Muhammad Anwar Irzan pada 10 Des 2015, 10:34 WIB
Bagaimana cara menyisipkan kegiatan olahraga di tengah kesibukan? Simak penjelasannya di sini.
5 Kiat Olahraga di Saat Anda Sibuk

KlikDokter.com – Rutinitas pekerjaan sering kali dijadikan alasan orang untuk melewatkan olahraga. Padahal, dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin, tubuh Anda akan menjadi lebih bugar dan segar. Tentu hal ini akan menunjang kegiatan sehari-hari Anda di kantor. Anda akan lebih bisa berkonsentrasi, mengambil keputusan, dan lain-lain.

Berikut adalah 5 kiat sederhana yang bisa membuat Anda konsisten berolahraga, walaupun memiliki aktivitas padat:

1. Membagi Waktu

Agendakan waktu untuk berolahraga dan patuhilah. Misalnya, luangkan waktu selama 10 menit sebelum Anda mandi pada pagi hari. Sebisa mungkin Anda tidak melewatkan atau membatalkan jadwal ini.

2. Berjalan Kaki

Jangan malas untuk berjalan kaki ketika pergi keluar rumah dan tempat tujuan yang tidak terlalu jauh. Dengan demikian, sibuk bukan halangan bagi Anda untuk tetap bisa berolahraga.

3. Bergerak Lebih Aktif di Kantor

Lebih banyak gerak akan membantu Anda membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Anda hanya perlu mencari tempat yang memungkinkan untuk melakukan olahraga di kantor. Anda bisa melakukan yoga atau mungkin menyimpan barbel di kantor.

4. Buat Variasi dalam Latihan

Variasi dapat membuat Anda tidak cepat bosan, sehingga Anda bisa lebih konsisten. Contoh, hari pertama lakukan jogging ringan, hari kedua lakukan angkat beban, dan hari ketiga meningkatkan mobilitas sendi dengan yoga.

5. Buat Olahraga Menjadi Menyenangkan

Perasaan senang saat Anda berolahraga dapat membuat Anda lebih bersemangat dan tidak cepat bosan. Pada akhir pekan, Anda bisa naik sepeda atau mendaki bukit dengan keluarga Anda agar aktivitas fisik menjadi lebih menyenangkan.

Berolahraga di saat Anda sibuk memang membutuhkan kedisiplinan dan keselarasan. Dengan cara ini, Anda bisa menjadi lebih konsisten dalam melakukannya. Jika Anda memang sangat sibuk, dan malam hari merupakan satu-satunya waktu luang bagi Anda, maka olahraga pada malam hari dapat menjadi alternatif yang bermanfaat.

Namun, apabila Anda ingin berolahraga pada malam hari, sebaiknya dilakukan maksimal 3 jam sebelum tidur. Karena berolahraga akan merangsang hormon dalam tubuh yang disebut dengan hormon endorfin, serta akan meningkatkan denyut jantung sehingga dapat membuat Anda sulit tidur.