Ingin Resolusi Sehat Tahun Baru Anda Sukses? Baca Ini Dulu

Oleh dr. Muhammad Anwar Irzan pada 10 Des 2015, 10:42 WIB
Sebentar lagi tahun baru datang! Resolusi sehat apa saja yang ingin Anda capai?
Ingin Resolusi Sehat Tahun Baru Anda Sukses? Baca Ini Dulu

KlikDokter.com - Sebagian besar dari kita pasti pernah membuat resolusi tahun baru -- mungkin untuk menurunkan berat badan, berhenti merokok, atau mengurangi minuman beralkohol. Hal tersebut sama sekali tidak mudah untuk dilakukan, namun banyak di antara kita yang berhasil melakukannya.

Para psikolog mengatakan bahwa seseorang dapat berhasil dalam menjalankan resolusinya, jika mereka membuat tujuan yang sederhana namun spesifik.

Profesor Richard Wiseman dari University of Hertfordshire melakukan penelitian kepada 5.000 orang yang berusaha mencapai resolusi tahun baru. Timnya menemukan bahwa mereka yang gagal adalah mereka yang membuat resolusi tahun baru terlalu rumit, serta terlihat sangat “mengawang-awang” sehingga sulit untuk dijalankan.

Berikut adalah 7 cara yang dapat Anda lakukan agar resolusi sehat Anda berhasil:

1. Fokus pada satu resolusi. Peluang keberhasilan menjadi lebih besar ketika Anda menyalurkan energi untuk mengubah hanya satu aspek dari kebiasaan Anda.

2. Jangan menunggu sampai malam tahun baru untuk berpikir tentang resolusi. Luangkan beberapa waktu atau beberapa hari sebelum tahun baru dan renungkan apa yang sebenarnya ingin Anda capai.

3. Jangan membuat resolusi yang hanya sebatas “ikut-ikut” atau meniru banyak orang.

4. Bagilah tujuan Anda dalam serangkaian langkah, agar resolusi Anda tampak lebih realistis atau mudah digapai.  

5. Beritahu teman dan keluarga tentang tujuan Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan dukungan di saat Anda putus asa.

6. Buatlah daftar tentang hal-hal baik yang akan terjadi apabila resolusi Anda tercapai. Hal ini akan membuat Anda lebih teguh dalam menjalankan resolusi.

7. Berikan diri Anda hadiah kecil setiap kali Anda mencapai sub-tujuan, dengan demikian Anda bisa mempertahankan motivasi tersebut.