Apa Saja Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan?

Oleh dr. Muhammad Anwar Irzan pada 10 Des 2015, 11:22 WIB
Teh hijau terbukti sangat baik untuk tubuh Anda. Mengapa demikian? Berikut ulasan lengkapnya.
Apa Saja Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan?

KlikDokter.com – Teh hijau sangat baik bagi Anda dan hal tersebut memang sudah terbukti secara ilmiah dengan adanya penelitian yang telah dilakukan. Namun tentu saja, tidak ada satu makanan yang benar-benar dapat melindungi Anda dari penyakit. Kesehatan Anda ditentukan oleh gaya hidup dan gen Anda.

Selain dengan minum teh hijau setiap hari, Anda juga perlu memperhatikan kondisi kesehatan Anda dengan cara lain, seperti tidak merokok, melakukan aktivitas secara aktif, dan makan makanan yang sehat.

Manfaat terbesar teh hijau adalah adanya kandungan Catehcin atau Katekin pada teh hijau. Katekin adalah antioksidan yang berfungsi untuk melawan, bahkan dapat mencegah terjadinya kerusakan pada sel. Hal tersebut disebabkan karena teh hijau tidak melewati terlalu banyak proses sebelum disajikan sehingga membuat teh hijau begitu kaya akan kandungan katekin.

Teh hijau telah terbukti membantu untuk meningkatkan aliran darah serta menurunkan kolesterol. Sebuah tinjauan dari beberapa penelitian pada tahun 2013 menyimpulkan bahwa teh hijau dapat membantu mencegah berbagai masalah yang berhubungan dengan jantung, tekanan darah tinggi dan gagal jantung kongestif.

Teh hijau tampaknya juga berkhasiat untuk membantu menjaga kestabilan gula darah pada pengidap diabetes. Hal tersebut disebabkan karena teh hijau dapat membantu melindungi terjadinya kerusakan pembuluh darah akibat dari diet tinggi lemak.

Sementara itu, terdapat beberapa bukti lain yang menunjukkan bahwa teh hijau mengandung bahan aktif EGCG (Epicatechin Gallate) yang berfungsi untuk membantu menurunkan berat badan Anda. Namun, beberapa penelitian lain tidak berhasil membuktikan efek tersebut. Namun demikian, teh hijau tetap menjadi pilihan minuman yang baik untuk Anda.

Disisi lain, studi tentang manfaat teh hijau pada kanker telah banyak dipublikasikan. Teh hijau dikenal dapat membantu tumbuhnya sel-sel sehat dalam semua tahap pertumbuhan. Terdapat beberapa penelitian yang membuktikan bahwa teh hijau dapat membantu menghancurkan sel-sel kanker, namun penelitian tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut agar dapat mengetahui kebenaran fungsi teh hijau dalam memusnahkan sel-sel kanker. Oleh karena itu, Anda tidak disarankan hanya mengandalkan teh hijau dalam mencegah kanker.